Rakerwas Itwasda, Polda Jatim Bahas Pengamanan Pilkada

0

sergap TKP – SURABAYA

Menjelang pesta politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 serentak di Jawa Timur yang tinggal beberapa bulan lagi, Kepolisian Dearah Jawa Timur menggelar Rapat Kerja Pengawasan (Rakerwas) Inspektorat Pengawasan Umum Daerah (Itwasda).

Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakapolda Jatim Brigjen Pol Eko Prihastopo didampingi Irwasda Polda Jatim Kombes Pol Sutarjo, dan Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol Heri Sintompul tersebut pihaknya menyebut bahwa akan melakukan penekanan terhadap fungi pengawasan selama Pilkada serentak.

“Juga ada yang spesifik yakni Pilgub (Pemilihan Gubernur) Jawa Timur dan juga akan ada Pilkada di kabupaten kota dan itu perlu saya lakukan penekanan-penekanan terhadap fungsi pengawasan yang ada di daerah,” kata Wakapolda di Mapolda Jatim, Selasa (10/4/2018).

Kendati demikian dirinya juga meras bersyukur sebab sampai saat ini kondisi di Jawa Timur sendiri masih dalam situasi yang kondusif terlebih telah memasuki tahap kampanye. Hal ini dikatakannya sebagai cerminan kerjasama yang baik antara Polda dan Polres jajaran. Serta Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) serta potensi-potensi yang ada di Jawa Timur.

Untuk itu setidaknya sekitar 1000 orang personel dari Polda dan Polres jajaran akan disiagakan dalam pesta politik terbesar tahun ini. “Insya Allah, saya yakin dengan kondisi yang telah terbangun seperti ini mudah-mudahan akan aman, tidak terjadi apa-apa. Namun kita tetap waspada dengan menyiapkan peralatan serta personel untuk pengamanan,” pungkasnya.