Kapolda Jatim Silaturahmi Bareng Pimpinan Perbankan

0

sergap TKP – SURABAYA

Bertempat di Hotel Sheraton, Jalan Embong Malang, Surabaya. Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengadakan silaturahmi bersama perwakilan Pimpinan Perbankan Jawa Timur dalam kegiatan Ramah Tamah, Rabu (11/4/2018).

“Kita hari ini ada kegiatan silaturahmi dengan dunia perbankan,” ujar Machfud Arifin usai acara Ramah Tamah dengan Perwakilan Perbankan Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu juga Kapolda menyinggung kasus skimming yang terjadi beberapa waktu lalu, dimana pihaknya telah berhasil meringkus empat orang tersangka. “Kebetulan kemarin ada yg ramai di media tentang pengambilan uang nasabah secara ilegal. Pelaku sudah ditangkap jajaran Polres Kediri Kabupaten,” ujarnya.

Untuk itu Kapolda mengaku sangat setuju dengan program yang telah disiapkan oleh Bank Indonesia (BI) terkait penetapan sistem magnet pada kartu ATM melalui chip. Hal tersebut menurutnya merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi kejahatan skimming. “Saya sangat setuju untuk segera mengubah itu, sistem magnet dengan chip saja, karena lebih safety,” kata Machfud.

Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jatim Yudi Harymukti menjelaskan bahwa program penggunaan chip pada kartu ATM telah dikeluarkan oleh pihaknya sejak 2015 dan kini sedang berangsur pengantian kartu ATM biasa dengan kartu ATM yang dilengkapi chip. “BI sejak tahun 2015 mengeluarkan standar nasional yakni untuk penggunaan chip,” jelasnya.

Untuk gargetnya sendiri pergantian ATM biasa ke ATM yang telah terpasang chip ini bakal selesai pada 2021. Selain itu teknologi pengamanan lainnya juga bakal disematkan juga seperti penambahan pin online sebanyak enam digit agar tidak mudah diskimming

Tak hanya membahas skimming, Irjen Pol Machfud Arifin juga mengajak para pimpinan perbankan turut aktif dalam menciptakan suasana Pilkada yang kondusif. “Tadi sudah ada deklarasi juga dari pihak perbankan agar Pilkada di Jatim kondusif, dan mereka juga ikut mendukung Pilkada dengan damai,” tutup Kapolda.