Konsep Tiga Pilar Jatim Pertama Di Indonesia

0

sergap TKP – SURABAYA

Tiga Pilar Jawa Timur yang yaitu Pemprov Jatim yang diwakili oleh Gubernur Soekarwo, Polda Jatim yang diwakili oleh Irjen Pol Machfud Arifin, dan Kodam V Brawijaya yang diwakili Mayjen TNI Arif Rahman menggelar apel sinergitas guna mempersiapkan pengamanan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Jawa Timur yang sudah semakin dekat.

Dalam apel yang berlangsung di Mapolda Jatim tersebut, Soekarwo menjelaskan komitmen yang dibangun oleh pihaknya dalam tiga pilar sebenarnya bukan yang sangat mendasar dalam menciptakan Pilkada damai. “Sebenarnya yang sangat mendasar bukan tiga pilarnya tapi komitmen antara kepala desa, Babinsa dan Babinkamtibmas yang ingin mengelola Pilkada secara damai,” ujar Gubernur yang akrab disapa Pakdhe Karwo usai apel, Jumat (20/4/2018).

Konsep penyatuan tiga pilar yang di sebut Pakdhe Karno merupakan yang pertama di Indonesia ini menciptakan sinergisitas antar tiga pilar dalam menciptakan Pilkada yang damai dengan sistem yang dikatakan sebagai working ideologi atau ideologi yang bekerja dalam keseharian. “Kita tidak membandingkan di tempat lain, tapi belum ada konsep bagaimana kemudian nilai yang tumbuh di pedesaan dengan pendekatan kekeluargaan dikelola dengan kerja bersama,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa Pilkada memang seharusnya tidak dianggap sebagai pesta politik ataupun pesta demokrasi. “Pilkada secara damai ini kalau istilahnya Pak Kapolri bukan pesta demokrasi tapi bagaimana mengaktualisasikan suasana kekerabatan, kerukunan, kekeluargaan dalam proses itu yang kemudian dilakukan oleh pimpinan yang ada di daerah,” tambah Pakdhe Karwo.

Sementara, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin merasa bangga dan memuji upaya Pakdhe Karwo dalam mensinergikan tiga pilar untuk bersama-sama mengamankan proses Pilkada di Jatim. “Kami warga Jatim bangga dengan Pakde Karwo, karena sudah menjadi kepala gubernur se-Indonesia bukan sekadar Gubernur Jatim,” kata Machfud.

 

Senada dengan pernyataan Kapolda, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman mengatakan bahwa sinergisitas tiga pilar bisa memberikan keyakinan masyarakat seluruh Jatim. “Luar biasa, ini memberikan keyakinan masyarakat seluruh Jatim jika pilkada aman berkat tiga pilar. TNI di Jatim siap untuk membantu Polri melangsungkan Pilkada,” ucap Arif.