Puluhan Ribu Liter Miras, Dimusnahkan Polda Jatim

0

sergap TKP – SURABAYA

Sebanyak puluhan ribu liter minuman keras (miras) oplosan dan ilegah hasil ungkap Operasi Tumpas Narkoba yang digelar selama dua pekan atau tepatnya 12 hari terhitung mulai tanggal 13-24 April 2018 dimusnahkan oleh Polda Jatim dihalaman Mapolda setempat.

Dalam pemusnahan miras sebanyak 50.070,45 liter tersebut turut hadir pula Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Airifn, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko, Pangdam V/Brawijaya Manyjend TNI Arif Rahmman, Tokoh Nahdlatul Ulama Jatim Ali Maschan Moesa dan serta perwakilan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Ini sebagai simbol kita perang terhadap miras. Kita tidak main-main, miras harus kita hadapin bersama. Jangan hanya serahkan kepada polisi bersama pangdam tetapi semua Pak Kyai, para ulama, para tokoh masyarakat untuk sama-sama memerangi miras dan narkoba,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, (27/4/2018).

Untuk itu ia juga berharap agar selain mengamankan para pemabuk pihaknya juga bisa menangkap para pemasok minuman yang dapat mengakibatkan banyak orang meninggal tersebut. “Ini suatu sungguh keterlaluan harus kita berantas bersama. Saya sudah perintahkan jangan hanya sekedar menemukan orang minum tapi cari menjualnya siapa, produsennya siapa, tangkap, sita semuanya. Tangkap pelakunya dan proses hukum,” tegas Jenderal dengan dua bintang dipundaknya tersebut.

Sementara itu salah satu Tokoh Nahdlatul Ulama Jawa Timur Ali Maschan Moesa mengapresiasi pemusnahan minuman keras oleh Polda Jatim. Dia juga meminta masyarakat serta ulama untuk bersama-sama ikut memberantas peredaran minuman keras. “Ini Kapolda sudah memberikan peluang selebar-lebarnya, otomatis masyarakat harus dukung. Ulama tentunya NU Jatim saya kira 24 jam siap. Saya akan perintahkan cabang-cabang sampai raanting-ranting untuk siap. Semua masyarakat NU siap,” ujarnya.

Serupa dengan pernyataan tokoh NU yang mendukung upaya Polda Jatim, Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman juga turut mendukung upaya Polda Jatim dalam memberantas peredaran minuman keras. “Kami mendukung sepenuhnya di wilayah mulai dari Babinsa, Koramil akan membantu deteksi dini cegah dini. Kalau ada masyarakat terindikasi membuat miras di lapangan kami sama-sama dengan polisi untuk memberantas itu,” ucapnya.