Tiga Pilar Jawa Timur Tinjau Pilkada Serentak

0

sergap TKP – SURABAYA

Ketiga pucuk pimpinan Tiga Pilar Jawa Timur, terus memastikan pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Jatim berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif.

Hal tersebut ditunjukan oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, dan Gubernur Jatim Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo yang mendatangi beberapa lokasi tempat pemungutan suara (TPS) di Surabaya.

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman menjelaskan dalam hal ini TNI tidak hanya membantu pengamanan selama berlangsungnya pemilihan tersebut. Akan tetapi, personelnya juga mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani masing-masing.

“Tidak cuma mengamankan saja. Mereka (TNI), bersama Polri juga ikut mengimbau masyarakat menggunakan hak suaranya dengan mendatangi setiap TPS yang sudah ada,” ujar Mayjen Arif, Rabu, (27/6/2018).

Dirinya menambahkan, imbauan itu, merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan partisipasi di kalangan masyarakat. “Pilkada pada tahun ini bisa dikatakan sukses, jika banyak masyarakat yang hadir ke TPS untuk menggunakan hak suaranya,” jelasnya.

Sementara itu, dikatakan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, selama ini, pelaksanaan pilkada Jawa Timur, berlangsung dengan aman dan kondusif. Tak hanya di tingkat TPS saja. Menurut Kapolda, segi keamanan selama berlangsungnya pesta demokrasi tahun ini, juga diperkuat dengan adanya patroli gabungan yang dilakukan oleh personel TNI-Polri di seluruh wilayah.

“Patroli keliling itu, dilakukan oleh personel dari jajaran Polda, termasuk Polres dan Kodim. Mereka semuanya berkeliling memantau setiap perkembangan situasi dan kondisi,” jelasnya.