Hasil Quick Count, Khofifah-Emil Kalahkan Gus Ipul-Mbak Puti

oleh

sergap TKP – SURABAYA

Hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei telah keluar, hasilnya pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Elistianto Dardak berhasil unggul dan menggalahkan pasangan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim).

Hasil tersebut membuat pasangan yang diusung Partai Demokrat, Golkar, NasDem, PPP, Hanura, dan PAN dapat menatap kursi Jatim 1 menggantikan Soekarwo yang akan segera mengakhiri masa tugasnya setelah menjabat sebagai Gubernur Jatim selama dua periode.

Kemenangan ini juga sekaligus mengakhiri penantian Khofifah yang sebelumnya kalah dari pasangan Soekarwo – Saifullah Yusuf dalam Pilgub 2008 dan 2014. Selain itu dengan kemenangan ini sangat dimungkinkan bagi Khofifah menjabat sebagai Gubernur wanita pertama di Jatim.

Sebab seperti diketahui selama ini, setidaknya Jatim telah dipimpin oleh 13 Gubernur  yang seluruhnya merupakan laki-laki. Dalam keterangan persnya Khofifah mengatakn hasil quick count ini tidak akan berbeda jauh dengan hasil perhitungan KPU. Namun demikian pihaknya akan menunggu proses penghitungan resmi mulai dari kecamatan hingga tingkat provinsi.

“Kami memahami bahwa quick count akan jadi indikasi bagi proses prediksi kita untuk perolehan yang akan berlangsung secara real. Kami akan menunggu proses penghitungan mulai malam hari ini di kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi,” ungkap mantan Mensos ini.

Tidak hanya itu dalam pidato kemenangannya, Khofifah pun menyampaikan apresiasinya kepada pesaingnya. “Saya dan mas Emil juga bersama-sama menyampaikan salam hormat kepada saudara kami Paslon No 2 Gus Ipul dan Mbak Puti dan seluruh partai pendukung,” ucap Khofifah didampingi Emil Dardak.

Untuk diketahui berdasarkan perhitungan cepat pasangan Khofifah-Emil unggul dihapir seluruh daerah di Jatim dengan rentang suara 52-55 persen suara. Sedangkan pasangan Gus Ipul-Mbak Puti hanya unggul wilayah Tulungagung, Kediri, Blitar, Kota Kediri, Kota Blitar.

Berikut hasil hitung cepat Pilgub Jatim 2018 versi sejumlah lembaga survei:

SMRC (suara terkumpul 99,75%)

1. Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak: 52,28%
2. Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno: 47,72%

LSI (suara terkumpul 100%)

1. Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak: 54,29%
2. Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno: 45,71%

Charta Politika (suara terkumpul 100%)

1. Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak: 53,54%
2. Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno: 46,46%

Tinggalkan Balasan