Indonesia 10 Besar Negara Teraman Didunia

0

sergap TKP – SURABAYA

Berdasarkan survey yang dilakukan lembaga riset internasional Gallup’s Law and Order pada tahun 2018, Indonesia duduk di posisi ke-9 sebagai negara paling aman di dunia. Dimana salah satu faktor yang mendasarinya adalah kinerja Kepolisan Republik Indonesia (Polri) dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo usai bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72 di lapangan upacara Mapolda Jatim, Rabu (11/7/2018).

Bersamaan dengan itu pula, Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini membacakan amanat Presiden Joko Widodo terkait ucapan terim kasih atas kinerja Polri dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban selama ini.

“Bersama stake holder yang lain, yakni TNI, tokoh masyarakat, tokoh agama, tiang ke empat demokrasi, media, yang kemudian bisa membangun kebersamaan menjaga demokrasi, saya kira luar biasa,” ujar Pakde Karwo.

Sementara itu Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menyebut bahwa pihaknya dengan semangat Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter) akan segera menghadapi sejumlah agenda penting dalam waktu dekat. “Di 2018 sampai 2019 nanti adalah Pileg dan Pilpres. Kemudian 2018 ada beberapa agenda penting internasional, Asian Games dan IMF yang ada di Bali,” ungkap Kapolda.

Selain itu ancaman terorisme juga masih menjadi salah satu hal yang terus diwaspadai oleh Kepolisian. Sehingga pihaknya berharap dukungan dari seluruh pihak, khususnya tiga pilar. “Mengharapkan kepekaan yang sangat luar biasa dari tiga pilar itu tadi, yakni Babinsa, Babinkamtibmas, maupun masyarakat, RT, RW, dan sebagainya,” pungkasnya.