Mentan Remikan Bantuan Sejuta Benih Jeruk Unggul

0

sergap TKP – BATU

Menteri Pertanian Amran Sulaiman meresmikan bantuan sejuta benih unggul jeruk untuk rakyat Indonesia di Kebun Percobaan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Substropika (Balitjestro), Selasa, 17 Juli 2018.

Kedatangan Menteri Pertanian itu, juga didampingi oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) V/Brawijaya, Brigjen TNI Widodo Iryansyah, S. Sos dan Komandan Korem (Danrem) 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo.

Pemberian bantuan itu, dilakukan secara simbolis kepada Dinas Pertanian Kota Malang, Kota Batu, Trenggalek dan lumajang guna menggenjot produksi dalam negeri. “Supaya, Indonesia tidak lagi impor. Tapi justru ekspor,” kata Amran di Kebun Percobaan Punten, Kota Batu.

Komoditas jeruk, menurutnya, salah satu satu komoditas yang sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Sebab, ujar Amran, mengingat komoditas jeruk mempunyai peran penting untuk memenuhi kebutuhan konsumsi buah bagi masyarakat.

“Jeruk yang berkembang di Indonesia, digolongkan menurut jenisnya. Ada jeruk siam, keprok dan jeruk besar (Pamelo),” jelasnya.

Perlu diketahui, komoditas jeruk menempati urutan ketiga sebagai salah satu buah yang banyak di konsumsi masyarakat. Itu terhitung, semenjak tahun 2015 dan 2016 dengan tingkat konsumsi sebanyak 3,28Kg/tahun, dan naik menjadi 3,60 Kg/tahun pada 2016.