Terlibat Prostitusi, 4 Atlet Basket Jepang Dipulangkan

0

sergap TKP – JAKARTA

Sebanyak empat orang atlet basket kontingen Jepang di Asian Games 2018, Jakarta-Palembang terpaksa dipulangkan oleh Komite Olimpiade Jepang atau Japanese Olympic Committee (JOC).

Keempat atlit yang rencananya akan berlaga dalam Asian Games 2018 tersebut terpakasa dipulangkan lantaran kedapatan mengunjungi kawasan prostitusi di Jakarta di sela-sela perhelatan Asian Games 2018.

Sebagaimana dikutip dari AFP, keempat atlit yang dipulangkan ke negaranya tersebut masing-masing adalah Yuya Nagayoshi, Takuya Hashimoto, Takuma Sato, dan Keita Imamura.

Pernyataan yang resmi yang dirilis oleh Japanese Olympic Committee pada Senin (20/8/2018) tersebut diikuti pula permintaan maaf dari chief de mission kontingen Jepang, Yasuhiro Yamashita. “Saya merasa malu. Kami meminta maaf sebesarnya dan akan membimbing atlet kami mulai sekarang,” ungkapnya.

Keempat atlet tersebut diduga keluar dari kampung atlet pada Kamis (16/8/2018) pekan lalu. Dimana setelah makan malam di luar, mereka menginap di hotel bersama pekerja seks komersil (PSK).

Parahnya lagi kegiatan di luar Asian Games 2018 dilakukan keempat atlet basket Jepang tersebut dilakukan dengan tetap mengenakan pakaian atribut tim nasional (timnas) Jepang.

“Dengan kerendahan hati saya meminta maaf pada publik Jepang, JOC, dan semua orang yang mendukung basket atas kejadian tercela ini. Kami akan memutuskan hukuman yang pantas kepada empat pemain setelah kami mendapatkan semua faktanya. Kami harus bekerja lebih keras untuk memastikan skandal ini tidak terjadi lagi,” imbuh kepala tim basket Jepang, Yuko Mitsuya.