KPU Jatim Deklarasi Pemilu Damai

oleh

sergap TKP – SURABAYA

Bertempat di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Jalan Raya Tenggilis Nomor 1, Kota Surabaya, Sabtu (23/9/2018) pagi. KPU Jatim menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Serentak Tahun 2019.

Turut hadir dalam deklarasi damai tersebut, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan; Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman; Ketua Bawaslu Jawa Timur, M Amin; tim sukses kedua pasangan Calon Presiden (Capres) dan Wakil Presiden (Wapres); pengurus partai politik; tim pemenangan anggota DPD, serta sejumlah pimpinan lembaga yang terlibat dalam proses Pemilu.

Ketua KPU Jatim Eko Sasmito menjelaskan deklarasi bertajuk Kampanye Anti SARA dan Hoax untuk Menjadikan Pemilih yang Berdaulat agar Negara Kuat tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia sebagai awal dari pelaksanaan kampanye Pemilu 2019.

“Kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia mengambil tema anti SARA anti hoax. Karena sampai sekarang berita bohong atau hoax menjadi pemicu konflik belakangan ini,” ujar Eko.

Untuk itu pihaknya juga turut melibatkan masyarakat untuk senantiasa menjaga kelancaran pelaksanaan Pemilu 2019 serentak, dimana Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) dilaksanakan bersamaan.

Dalam kegiatan yang diikuti dengan pembacaan ikrar Pemilu damai serta dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan pelaksanaan Pemilu damai oleh Tim sukses pasangan Capres dan Cawapres, serta 16 partai politik peserta pemilu dan tim pemenangan anggota DPD. “Mari kita wujudkan Pemilu damai, tenang dan tidak ada persoalan,” pungkasnya.

Sebagai bentuk dukungan pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman dan damai, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya yang juga hadir dalam kegiatan tersebut turut membubuhkan tanda tangannya.

Bahkan Kapolda Jatim juga mengimbau mengimbau masyarakat untuk menghindari informasi maupun berita yang berbau hoax, hate speech (ujaran kebencian) dan politik fitnah.

“Saya bersama Panglima (Pangdam) siap mengamanankan secara maksimal, terutama dalam menghadapi berita hoaks, politik yang mengandung SARA dan masalah berita yang betul-betul mengganggu di media-media. Kami akan tindak tegas dan kami sudah perintahkan seluruh Kapolres untuk memantau bersama-sama Panwas untuk pelaksanaan kegiatan ini,” tegasnya.

Hal tersebut juga diamini oleh Mayjen Arif Rahman yang mengungkapkan bahwa pihaknya akan mendukung Polda Jatim guna mensukseskan gelaran Pemilu serentak 2019 yang tertib, aman, dan lancar.

“Kami (Kodam V Brawijaya) akan mendukung Polda dalam mewujudkan keamanan, ketertiban dan kelancaran Pemilu 2019. Ini sudah ditunjukkan pada Pilkada lalu. Mudah-mudahan Pemilu nanti bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Mari kita sama-sama mengawal kampanye dengan baik,” ujarnya.

Seperti yang diketahui pelaksanaan kampanye Pemilu 2019 mulai dilaksanakan pada hari ini hingga Sabtu tanggal 13 April 2019 dan untuk pemungutan suara, dijadwalkan pada hari Rabu tanggal 17 April 2019 mendatang.

Tinggalkan Balasan