Cegah Pungli, Babinkamtibmas Bakal Kawal Ketat Dana Desa

oleh

sergap TKP – SURABAYA

Bertempat di Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rahmat, Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya. Wakapolda Jatim Brigjen Pol M Iqbal mengimbau Lurah dan atau Kepala Desa untuk bisa menyalurkan dana desa dengan sebaik baiknya, sebab pihaknya tidak akan segan untuk menindak tegas apabila kedepannya ditemukan pelanggaran.

“Kepala desa untuk salurkan dana desa dengan baik. Pelaksanaan penyaluran itu nanti akan dikawal oleh ketat oleh Babinkamtibmas. Jika ada yang melakukan penyelewengan maka akan ditindak dengan tegas,” kata Iqbal usai membuka kegiatan Sosialisasi dan Ikrar Pencegahan Pungli, Selasa (25/9/2018).

Pihaknya telah meminta Babinkamtibmas yang ada di Jatim lebih mengintefsikan pengawasan terhadap dana desa agar tak terjadi adanya penyelewengan. “Kita gandeng Babinsa dan institusi pemerintah untuk mengawasi program pemerintah terkait dengan dana desa agar tidak ada penyelewengan,” ujarnya.

Mantan Kapolrestabes Surabaya tersebut juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini akan dibahas bagaimana cara kerja dalam mengawasi dana desa yang selama ini kerap diselewengkan oknum kepala desa tak bertanggung jawab. “Agar mereka Paham sebenarnya tahapan-tahapan strateginya untuk menentukan nanti teknis dan taktis cara bertindak mereka,” imbuhnya.

Sebab menurutnya sosialisasi yang dilakukan Babinkamtibamas tersebut dapat dijadikan sebagai momentum untuk ikut menjaga pesta demokrasi. “Karena ini adalah momentum yang tepat untuk menjaga keamanan kerja masyarakat,” ucap pria yang penah menjabat sebagai Karopenmas Divhumas Polri tersebut.

Dimana kasus-kasus yang terjadi tersebut intinya adalah penyelewengan seperti modus mark up dan pertanggungjawaban fiktif. Untuk itu diharapkan 1.033 peserta perwakilan Babinkamtibmas tersebut dapat menjadi mentor bagi Babinkamtibmas lain.

Jenderal Polisi dengan satu bintang dipundaknya tersebut juga kembali meningatkan para Babinkamtibmas untuk mengawal dana desa dengan sebaik baiknya. “Kami ingin sampaikan anggota harus kawal dana desa ini dengan baik, jika ada oknum yang bermain akan ditindak tegas,” tandasnya.

Sekedar diketahui peserta kegiatan Sosialisasi dan Ikrar Pencegahan Pungli tidak hanya perwakilan Babinkamtibmas se-Jatim tetapi juga perwakilan Kepala Desa se-Jatim, perwakilan Camat se-Jatim, dan Kadis PMD se-Jatim.

Tinggalkan Balasan