Polda Jatim Tandatangani MoU Program Binlat Calon Anggota Polri

oleh

sergap TKP – SURABAYA

Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jatim membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para lulusan SMA Se-derajat yang memiliki prestasi untuk menjadi Polri melalui jalur program rekruitmen proaktif.

Program penerimaan Polri jalur rekruitmen proaktif tersebut, tertuang dalam penandatanganan secara serentak MoU Program Binlat Calon Anggota Polri (rekruitmen proaktif) antara Polda Jatim dengan Pemprov Jatim dan Polres/ta jajaran Polda Jatim dengan Pemkab/Pemkot seluruh Jawa Timur.

Karo SDM Polda Jatim Kombes Pol Ihcsan Amin mengatakan, Program Binlat Calon Anggota Polri merupakan tindak lanjut Grand Strategi Quick Wins Polri 2015-2019 dalam pemberlakuan rekruitmen terbuka Polri dengan prinsip BETAH, serta petunjuk arahan dari Mabes Polri terkait Program Pembinaan dan Pelatihan proaktif calon anggota Polri.

“Selain Program Binlat Calon Anggota Polri, Latar belakang kegiatan ini juga terkait tingginya minat calon siswa dari wilayah Jawa Timur untuk menjadi anggota Polri,”kata Karo SDM Polda Jatim, Kombes Pol Ihcsan Amin di Gedung Mahameru. Rabu, (6/02/2019).

Berdasarkan data yang ada, tiga tahun terakhir calon siswa dari wilayah Jawa Timur yang berminat untuk menjadi anggota Polri  tercatat mengalami peningkatan.

“Tahun 2016 sebanyak 16.233, tahun 2017 sebanyak 16.594 dan tahun 2018 sebanyak 14.299,” ujar Kombes Pol Ihcsan Amin .

Dengan melaksanakan kegiatan penandatanganan MoU Kerjasama pembinaan proaktif secara serentak antara Polda Jatim dengan Pemprov Jatim dan Polres/ta jajaran Polda Jatim dengan Pemkab/Pemkot seluruh Jawa Timur. Hal ini dilakukan guna mendapatkan peran aktif dan dukungan penuh dari Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota dalam proses menjaring calon anggota polri yang berprestasi.

“MoU ini dalam juga rangka memberikan kesempatan bagi Putra Putri Daerah Jawa Timur yang berprestasi 10 besar di SMA dan sederajad, prestasi nasional dan prestasi internasional untuk masuk menjadi anggota Polri,” terang Ihcsan Amin.

Ihcsan Amin menambahkan, “Selain memberikan kesempatan bagi Putra Putri Daerah Jawa Timur yang berprestasi, Tujuan MoU ini juga melakukan rekrutmen proaktif sehingga diperoleh calon anggota Polri yang benar benar mampu dalam mengemban tugas Polri kedepan,”  imbuh Ihcsan.

Hadir pada acara penandatanganan MoU tersebut, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jatim Dr Ir Wahid Wahyudi MT, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Dr Saiful Rachman., MM., M.Pd., Kepala Badan Kepegawaian Provinsi Jatim Anom Surahno., SH., M.Si., Kepala Badan Pemberdayaan SDM Provinsi Jatim Dr. H. IG. NG Indra Setiabudi Ranuh., SH., CN., M.Si. Kepala Dinas P3A dan Kependudukan Provinsi Jatim Dr. Rahayu., SH., M.Si., Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Provinsi Jatim Drs. Supratono., M.Si, beberapa Pejabat Utama Polda Jatim, seluruh Kepala Dinas Pendidikan di Tingkat Kabupaten/Kota Propinsi Jatim, seluruh Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga di Tingkat Kabupaten/Kota Propinsi Jatim, perwakilan seluruh Kepala Dinas P3A dan Kependudukan, seluruh Kepala BKD di Tingkat Kabupaten/Kota Propinsi Jatim, dan Kapolres Jajaran Polda Jatim.

Tinggalkan Balasan