Barang Bukti MeMiles Capai Rp 147 Miliar

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Barang bukti kasus investasi ilegal MeMiles terus bertambah, usai sebelumnya menyita barang bukti dengan nilai mencapai Rp 122 miliar Polda Jatim kembali melakukan penyitaan aset senilai Rp 25 miliar.

Praktis kini barang bukti yang disita Polda Jatim telah mencapai Rp 147 miliar. Penambahan aset yang disita tersebut termasuk penambahan sebanyak Rp 3,5 miliar dari rekening Ari Haryo Wibowo Harjojudanto atau Ari Sigit.

Direskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan menjelaskan upaya penyitaan aset ini merupakan instruksi langsung dari Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dalam menyelamatkan aset selain dari sisi penindakan hukum.

“Secara bertahap hari ini kondisi terakhir di rekening penampungan tercatat Rp 147 miliar 861 juta, ini dari awal penyitaan Rp 122 miliar,” ungkap Gidion di Mapolda Jatim Surabaya, Senin (3/2/2020).

Selain dari dikembalikannya aliran dana Rp 3,5 miliar dari Ari Sigit, pihaknya menyita uang Rp 15 miliar dari istri tersangka utama MeMiles, Kamal Tarachan atau Sanjay.

“Kemudian kita melakukan penyelamatan aset yaitu Rp 3,5 miliar dari saudara AHS, kemudian Rp 1 miliar itu dari Dealer Astra Alam Sutera, kemudian Rp 15 miliar dari istri tersangka utama yaitu saudara K,” imbuh Gidion. 

Tidak hanya itu Ditreskrimsus juga menyita 250 gram emas yang akan dijadikan reward MeMiles hingga empat mobil lengkap dengan STNK dan BPKB-nya. 

“Kemudian barang bukti emas diserahkan dari istrinya tersangka K, total kurang lebih semuanya jumlahnya seperempat kilogram emas. Ini bagian dari operasional uang member. Ada kendaraan ada empat mobil, dua mobil Avanza, satu mobil Pajero dan satu mobil Livina. Kemudian beberapa plat nomor dan BPKB yang disita dari dealer yang tadinya untuk reward member,” tandas Gidion.