Batal di GBT, Final Piala Gubernur Jatim Digelar di Gelora Delta Sidoarjo

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Panitia pelaksana Piala Gubernur Jatim akhirnya memutuskan untuk memindah lokasi laga final yang mempertemukan Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya yang sebelumnya di Gelora Bung Tomo (GBT) ke Gelora Delta Sidoarjo.

Keputusan tersebut diambil setelah rapat koordinasi denga Polda Jatim dan sejumlah pihak terkait. “Tadi sudah diputuskan bahwa lokasi daripada tempat pertandingan final itu ada di Sidoarjo di Delta,” kata Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan, Rabu (19/2).

Pihak kepolisian kali ini akan menyiapkan pengamanan ekstra mengingat sebelumnya sempat terjadi kerusuhan saat semifinal yang mempertemukan Persebaya dan Arema Malang di Stadion Soepriadi Kota Blitar kemarin.

“Ada pihak dari kedua belah pihak untuk datang untuk memaksa nonton dan kami sudah melakukan persiapan untuk Nobar di 21 titik namun masih ada masyarakat yang ingin nonton sehingga terjadi gesekan,” ujar Kapolda.

Dari pengalaman tersebut pihaknya telah sepakat agar kejadian kemarin tak terulang lagi. Pihaknya juga akan kembali melakukan pembahasan di Mapolrestabes Surabaya terkait teknis pengamanan. 

“Nanti sore kami akan rapat teknis yang mana tadinya memang kita persiapannya ada di GBT, sehingga kita akan rapat teknis di Polrestabes karena undangan sudah tersebar. Jadi nanti rapat teknis kami akan hadir untuk pengamanan besok,” imbuhnya.

Sementara itu Sekretaris PSSI Asprov Jatim Amir Burhanuddin menjelaskan alasan dibalik batalnya GBT sebagai lokasi tanding lantaran stadion yang bersangkutan masih dalam perawatan guna persiapan Piala Dunia U-20.

“Info tadi malam sampai kami update tadi pagi dalam rapat PAM yang kedua bersama Kapolda, penggunaan stadion tidak mungkin kita pakai karena SOP lapangan sedang dalam perawatan,” ungkapnya.

Selain itu juga terdapat perubahan jam tayang laga final tersebut menjadi lebih awal dari sebelumnya. “Ada perubahan jam tayang semula 18.30 akan kami gelar di 15.30,” terangnya.