Cegah Banjir, Jasa Tirta Normalisasi Kali Surabaya

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Surabaya, menyebabkan sejumlah titik di kota pahlawan beberapa waktu yang lalu kebanjiran.

Untuk mengatasi hal tersebut sejumlah sekenario dilakukan, salah satunya adalah normalisasi sungai Surabaya dengan melakukan pengerukan yang diharapkan bisa mengalirkan air ke laut apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi kembali.

“Kita koordinasi dengan Pemkot Surabaya, Perum Jasa Tirta I siap siaga di musim hujan. Poin utama kita menyiapkan tempat agar aliran air muara dari kali Kedurus pertemuan kali Surabaya diharapkan kapasitas mengalirkan debet out flow,” ungkap Kepala DJA II PJT I, Arief Budiyantono, Jum’at (7/2/2020).

Selain pengerukan kali Kedurus pihaknya juga melakukan hal serupa di Kali Surabaya hilir atau tepatnya di hulu Kali Jagir yang bakal dilakukan normalisasi pada Senin mendatang.

“Kemudian di Kali Mas disana juga ada pengerukan sifatnya sama untuk mengantisipasi banjir. Untuk alat total ada lima alat berat escavator,” jelas Arief.

Pengerukan ini sendiri ditujukan agar cepat surut dan pompa air yang dioperasionalkan Pemkot bisa segera masuk ke sungai. “Apabila di Kota terjadi genangan tidak terlalu lama dengan pompa yang di operasioanl Pemkot genangan bisa masuk di sungai,” paparnya.

Kali Surabaya sendiri dinilainya cukup aman dan mampu menampung limpahan banjir. “Terkait kapasitas tampungan dari Sungai Surabaya, contoh kejadian hujan cukup tinggi kemarin, Alhamdulilah kali Surabaya cukup aman,” tandasnya.