Kapolda Jatim Perintahkan Seluruh Kapolres Gelar Ops Disiplin Prokes

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Nico Afinta Karo Karo memerintahkan kepada seluruh Kapolres jajaran untuk menggelar operasi disiplin protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Jatim saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Penyerahan Dipa dan Alokasi Transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) pada 2021, upaya pengendalian Covid-19 pada Pilkada Serentak serta sosialisasi vaksin Covid-19 di Mall Grand City, Surabaya

Dalam kegiatan yang turut dihadiri oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen Suharyanto dan jajaran Forkopimda Jatim tersebut Kapolda menyampaikan bahwa protokol kesehatan wajib diutamakan.

Kapolda menjelaskan bahwa ada hubungan timbal balik antara operasi kedisiplinan dan kepatuhan masyarakat. Sebab semakin tinggi intensitas operasi disiplin maka berdampak pula pada kesadaran masyarakat yang juga akan semakin tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan.

Hal tersebut juga tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dari pemerintah daerah dan instansi terkait. Dalam hal ini juga terdapat dua pengawasan ketat yang bakal disiapkan yakni melalui operasi secara mobile dan stationer.

Adapun pengawasan tersebut bakal dilakukan oleh petugas di sejumlah titik keramaian sehingga lebih banyak menjangkau audiens yang tentunya untuk mengajak masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19.

“Semua harus sinergi. Antara TNI, Polri dan Pemerintah untuk bersama sama menjaga serta sosialisasi kepada masyarakat pentingnya menjaga protokol kesehatan. Selain itu, kesadaran masyarakat juga harus tetap dijaga mentaati prokes,” ujar mantan Kapolda Kalimantan Selatan tersebut, Senin (30/11/2020) pagi.

Sementara itu terkait dengan pengamanan pilkada serentak di Jatim, seluruh personil sudah siap untuk melakukan pengamanan. Mulai di KPU maupun di setiap setiap TPS yang ada diseluruh jawa timur. Polda Jatim dan Anggota Polres jajaran siap dalam melakukan pengamanan Pilkada Serentak di Jatim.

Pihak nya juga telah menyiagakan seluruh personilnya dalam penanganan Pilkada serentak 2020 di Jatim. Untuk itu pihaknya juga telah mengingatkan para personilnya untuk siap siaga melakukan deteksi dini kemungkinan terjadinya ancaman kamtibmas selama Pilkada berlangsung.

“Kami sudah menyiagakan seluruh personil dalam melakukan pengamanan Pilkada Serentak di Jatim. Baik personil yang ada di Polda Jatim, maupun personil yang ada di setiap Polres Jajaran Polda Jatim,” imbuh pria kelahiran Surabaya tersebut.

Alumnus Akpol 1992 ini juga menekankan kepada seluruh jajarannya untuk tetap bersikap netral dan tidak terlibat politik praktis. Selain itu sinergisitas dengan TNI, Pemerintah, KPU dan Bawaslu harus tetap dilakukan.

Pihaknya juga telah meningkatkan Patroli Cyber jelang Pilkada. Jenderal Polisi dengan dua bintang dipundaknya tersebut telah menginstruksikan kepada anggotanya untuk melengkapi diri dengan APD saat Pilkada serentak pada 9 Desember 2020.