Pelaku Penyebar Hoax Kasdim Meninggal, Ternyata Narapidana Kasus Pembunuhan

oleh -
oleh

sergap TKP – GRESIK

Bekerja sama denga tim siber Polri, penyidik Sat Reskrim Polres Gresik berhasil mengungkap kasus terkait beredarnya berita/informasi hoax, yang menyebutkan bahwa Kasdim 0817 Gresik Mayor Sugeng Riyadi meninggal setelah di suntik vaksin Covid-19.

Alhasil dari pengungkapan kasus tersebut diketahui bahwa pelakunya adalah seorang narapidana yang tengah menjalani masa tahanan di Lapas kelas 1 Surabaya. Pelaku diketahui bernama Tri Setyo (44) warga Griyo Samudera Asri, Blok F/16 Taman Sidoarjo.

Pelaku merupaka narapidana kasus pembunuhan tersebut awalnya melihat status WhatsApp saudaranya yang memasang foto Mayor Gatot Supriyono, Danramil Kebomas, dengan caption “innalilahi wainnaillahirojiun”.

Dari situ pelaku bertanya terkait identitas dari orang dalam foto tersebut dan dijawab yang di foto adalah Danramil Kebomas yang meninggal dunia, namun saudara tersangka juga mengatakan bahwa dirinya belum tahu penyebab kematian Danramil Kebomas.

Selanjutnya tersangka meminta dikirimkan foto tersebut dan kemudian menunggahnya di status WhatsApp dengan menuliskan bahwa Danramil Kebomas Gresik meninggal akibat disuntik vaksin. Tersangka juga memperingatkan untuk tidak mau di vaksin Covid-19 dan menyebarkan ke grup-grup WhatsApp lainnya.

Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan bahwa pihaknya bakal mengembangkan kasus ini.

“Saat ini penyidik masih melakukan pengembangan kasus tersebut,” kata Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Rabu (20/01/2021).