Ribuan Polisi di Surabaya Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Sebanyak 1.400 personil polisi di Surabaya mengikuti program vaksinasi Covid-19 di masing-masing Puskesmas yang ada di wilayah hukum Polrestabes Surabaya.

Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo mengungkapkan di Polrestabes Surabaya sendiri ada sebanyak 400 personil setiap harinya yang akan menerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama.

“Di Polrestabes Surabaya sendiri ada 2.600 personel yang akan divaksinasi tahap pertama dengan pembagian kuota sebanyak 400 personel per harinya. Polrestabes Surabaya dilakukan tiga hari di gedung Bhara Daksa Mapolrestabes Surabaya,” ungkap AKBP Hartoyo, Selasa (23/2/2021).

Dengan metode pembagian bertahap ini pihaknya berharap seluruh personil polisi di Surabaya telah divaksin dosis pertama pada Kamis (23/2/2020) mendatang. Sedangkan dosis keduanya masih menunggu jadwal selanjutnya. “Kalau untuk dosis kedua menunggu jadwal dari Dinkes Surabaya,” ujar AKBP Hartoyo.

Diakuisisi oleh Hartoyo vaksinasi kali ini berjalan lancar dan tidak ada anggota yang mengeluhkan gejala tertentu. Vaksin ini sendiri diharapkan dapat membantu untuk pembentukan kekebalan komunal atau herd immunity.

“Nggak sakit kok. Tidak ada bedanya dengan vaksin yang lain. Belum merasakan efeknya. Kalau observasinya kan 30 menit setelah itu jika tidak ada efek samping yang dirasakan bisa langsung kerja layani masyarakat,” ucap alumnus Akpol angkatan 2002 ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan bahwa sistem vaksinasi untuk anggota Polri tersebut dilakukan berdasarkan data dari Polrestabes Surabaya.

Vaksinasi ini akan dilakukan ke tahap dua pada 14 hari mendatang dengan suntikan vaksin kedua yang bertujuan untuk menguatkan respon imun dalam tubuh yang telah terbentuk sebelumnya.

“Saat ini kita melaksanakan vaksin SDMK yang belum vaksinasi, kemudian Lansia, dan petugas layanan publik. Ada 45.400 sudah terbagi di seluruh faskes. Targetnya selesai tiga hari,” pungkasnya.