INCAR, Inovasi Canggih Untuk Tunjang Kinerja Polri

oleh -
oleh

sergap TKP – SURABAYA

Inovasi canggih terus dikembangkan oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim. Salah satunya melalui Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR) yang dapat membantu kinerja polis dalam menertibkan pelanggar lalu lintas.

INCAR sendiri merupakan peralatan khusus yang digunakan untuk membantu anggota Ditlantas Polda Jatim dengan mendeteksi dan mengidentifikasi sejumlah parameter object detection, serta penggunaan Artificial Inteligen (AI) untuk pemrosesannya.

Inovasi canggih yang disematkan di mobil polisi ini dilengkapi 5 fitur seperti fitur Global Positioning System, ETLE, Speed Gun, Face Recognition, dan Automatic Number Plate Recognition.

Terkait alur dan sistem penerapannya Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman menjelaskan alat INCAR ini akan digunakan petugas di lapangan dan data yang ditangkap oleh petugas dikirimkan ke RTMC untuk dilakukan verifikasi. 

“Hasil dari verifikasi akan dilakukan pembuatan surat Konfirmasi dan dikirimkan ke alamat pelanggar sesuai Face Recognition menggunakan KTP Elektronik. Poin pelanggaran yang di dapat sesuai dengan klasifikasi pasal pelanggaran yang akan di catat dan di akumulasi oleh aplikasi TARC (Traffic Attitude Record Center),” ujar Kombes Latif, Rabu (26/5/2021).

Selanjutnya, apabila poin pelanggaran sudah mencapai bobot poin 12 maka akan dilakukan pencabutan SIM sementara, jika bobot poin sudah mencapai batas maksimal yaitu 18 maka diusulkan ke pengadilan untuk pencabutan SIM.

“Hal ini sesuai dengan pasal 74 ayat 1 dan 2 di Perkap 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi,” pungkasnya.