Langgar Trayek di Masa PPKM Darurat, 36 Bis Antar Kota Diamankan Ditlantas Polda Metro Jaya

oleh -

sergap TKP – JAKARTA

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya terpaksa mengamankan sebanyak 36 bis antar kota, lantaran diduga kedapatan melakukan pelanggaran trayek di masa PPKM Darurat.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan puluhan bis yang diamankan tersebut tidak berangkat dari tiga terminal resmi yang telah ditetapkan.

Para calon penumpang juga tidak dilakukan pemeriksaan syarat perjalanan, sehingga tidak diketahui kondisi kesehatannya.

“Ada bis-bis di belakang kita itu yang tidak berangkat dari terminal. Mereka berangkat dari terminal bayangan seperti Pondok Pinang, Rawa Bebek dan lain sebagainya sehingga penumpangnya tidak membawa ketentuan syarat perjalanan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (17/7/2021).

“Penumpang tidak membawa kartu vaksin, surat swab antigen dan lain sebagainya. Nah tentu ini berpotensi untuk menimbulkan penularan tidak hanya didalam perjalanan sesama penumpang bis tersebut, tetapi juga berpotensi menularkan di daerah tujuan,” imbuh Dirlantas.

Dirlantas menjelaskan, untuk pelanggaran trayek, sopir bis dianggap melanggar aturan yang telah tercantum dalam kartu pengawasan.

“Seharusnya sudah di setiap bis ini ditentukan trayeknya dari terminal mana ke terminal mana yg tercantum dalam kartu pengawasan, Nah mereka tidak sampai ke terminal tersebut sehingga kemudian mereka melakukan pelanggaran trayek,” terang Sambodo.

“Atas kedua pelanggaran tersebut, para sopir bis dikenai tilang sesuai dengan Pasal 308 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 dengan ancaman denda Rp500 ribu atau kurungan dua bulan penjara.” tegasnya.