Pasca Pengerusakan Fasum, Polres Lumajang Bersama Forkopimda Lumajang Lakukan Mediasi

oleh -

sergap TKP – LUMAJANG

Pasca peristiwa pengrusakan Fasilitas Umum (Fasum) oleh oknum Warga Ranupani Lumajang., Polres Lumajang bersama Forkopimda Lumajang langsung melakukan Mediasi.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengungkapkan, Pasca aksi protes warga Suku Tengger, Desa Ranupani, Kecamatan Senduro hingga merusak sejumlah fasilitas umum, pada Senin lalu, warga melakukan pengrusakan karena tidak terima upacara adat entas entas dibubarkan oleh kepala Desa dan Forkopimca Senduro Lumajang.

“Saran dan pendapat nanti akan disampaikan kepada kami lagi, kepada Kapolres, Dandim itu nanti ada musyawarah yang terbaik untuk masyarakat desa Ranupani,”  kata AKBP Eka Yekti Hananto Seno. Jum’at, (16/07/2021).

Sementara itu Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, pihaknya bersama Kapolres Lumajang, Dandim 0821 Lumajang untuk memfasilitasi Forkompimca Senduro untuk bermusyawarah dengan Tokoh, Kades Ranupani berkenaan dengan permasalahan adat budaya di Desa Ranupani yang terdapat kesalahpahaman.

“Saya meminta Kepada Kades Ranupani untuk menemui tokoh-tokoh yang ada di Desa Ranupani termasuk Tokoh Adat, Romo Dukun dan Tokoh Agama, untuk meminta saran dan pendapat terkait permasalahan adat budaya di Desa Ranupani yang terdapat kesalahpahaman,” ujar Thoriqul Haq.

Hasil musyawarah yang dilakukan saran yang disampaikan kepada kepala desa untuk menemui tokoh adat termasuk romo dukun, tokoh-tokoh desa ranupani, termasuk juga tokoh-tokoh agama

Bupati juga menyampaikan, jika semua menunggu Kepala Desa komunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama yang ada di desa Ranupani Senduro Lumajang.

”Persepsi yang bisa disalahpahami adalah karena ada kegiatan adat, kegiatan budaya, disaat yang sama kita semua melaksanakan instruksi Menteri Dalam Negeri, intruksi Pak Presiden untuk melaksanakan PPKM darurat. Jadi ya memang harus ada titik temu,” jelasnya.

Hadir pada kegiatan mediasi tersebut, Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Kapolres Lumajang  AKBP Eka Yekti Hananto Seno, SIK.M.Si, Dandim 0821 Letkol Inf Andi Andriyanto Wibowo, S.Sos., M.I.Pol, Forkopimca, Kades Ranupani, dan perwakilan tokoh masyaraka setempat.