Komandan Lanal Ternate dan Rektor Unkhair Laksanakan Vicon Pemberangkatan Ekspedisi Penelitian Jala Citra I Aurora

oleh -

sergap TKP – TERNATE

Komandan Pangkalan TNI AL Ternate Kolonel Laut (P) Komaruddin, S.E., CTMP dan rektor Unkhair Bp. Prof. DR. Husen Alting yang didampingi peneliti dari Unkhair Jefry Bemba, S.ik., M.si. melaksanakan vicon Pelepasan keberangkatan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Spica-934 untuk melaksanakan ekspedisi penelitian Jala Citra I Aurora di perairan Papua-Halmahera, Maluku oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Pada kesempatan tersebut, melalui Video Confrence dari Ruang Pusat Kendali Operasi (Puskodal) Lanal Ternate, Rektor Unkhair mengucapkan selamat atas terlaksananya kegiatan Ekspedisi Aurora. Prof. DR. Husen Alting menyampaikan harapannya agar kegiatan ekpedisi ini dapat mengangkat informasi tentang kekayaan SDA kelauatan di Halmahera yang belum banyak diketahui dan dimanfaatkan.

“KRI Spica-934 akan melaksanakan survei dan ekspedisi Aurora 2021 di perairan Halmahera selama dua bulan, diberangkatkan hari ini sampai tanggal 3 Oktober 2021,” ujar Laksamana Yudo  didampingi Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta. Selasa (3/8/2021).

Ekspedisi dilaksanakan dalam rangka memperingati 100 tahun Hari Hidrografi Dunia.

Pushidrosal yang merupakan lembaga nasional penelitian bawah laut atau hidro-oseanografi bersama dengan para peneliti kementerian dan lembaga serta universitas bersama-sama melaksanakan penelitian di Gosong Aurora yang berada di Perairan Papua-Halmahera.

Bertajuk Jala Citra I Aurora TNI AL, eskpedisi tersebut merupakan salah satu rangkaian yang digelar Pushidrosal dengan menggandeng kementerian, lembaga, dan universitas di bidang hidrografi, geodesi, geologi, oseanografi, meteorologi, serta kelautan dan perikanan untuk dapat turut mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Kasal juga menyatakan bahwa ekspedisi ini merupakan yang pertama dilakukan bersama-sama oleh anak bangsa setelah sekian lama tidak dilakukan.