Wujudkan Herd Immunity, Kodam V/Brawijaya Pakai Cara Humanis

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Upaya pembentukan herd immunity di Jawa Timur, kian digencarkan oleh pihak Kodam V/Brawijaya.

Tak tanggung-tanggung, Kodam menyediakan vaksin gratis bagi para pengunjung Pasar malam yang berada di area Lapangan Makodam, Surabaya.

Bahkan, sebelum memasuki area pasar tersebut para pengunjung akan ditanya soal keikutsertaan vaksinasi yang selama ini sudah menjadi program Pemerintah.

“Kalau belum di vaksin, ya kita arahkan untuk mengikuti vaksinasi dulu. Ada Provost yang bersiaga di pintu masuk area pasar,”
ujar koordinator vaksinasi, Mayor Cba Hendro ketika di lokasi vaksinasi berlangsung pada Rabu, 15 September 2021 malam.

Setidaknya, kata Hendro, dalam semalam pihaknya telah menargetkan 50 hingga 100 dosis vaksin yang ditujukan bagi para pengunjung Pasar malam Kodam V/Brawijaya.

“Untuk penjual yang ada di Pasar malam ini, semuanya sudah di vaksin,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggi (27), salah satu pengunjung Pasar mengungkapkan jika dirinya sangat mengapresiasi adanya vaksinasi gratis yang diberikan oleh pihak Kodam itu.

Warga Kupang Krajan itu mengungkapkan, keikutsertaan dirinya untuk mengikuti vaksinasi itu berawal ketika ia hendak berbelanja ke Pasar Kodam tersebut.

Namun, kata dia, ketika hendak memasuki area Pasar, terdapat aparat Provost yang menanyakan sertifikat ataupun kartu vaksinasi miliknya.

“Saya itu awalnya pengunjung. Terus saya ditanya, sudah vaksin apabelum. Saya jawab belum, akhirnya saya diarahkan untuk mengikuti vaksinasi oleh pak Provost,” ungkapnya.

Bahkan, dirinya pun mengapresiasi adanya vaksinasi yang digelar oleh pihak Kodam tersebut. Pasalnya, selain nyaman, kata dia,
pelaksanaan vaksinasi itu juga berlangsung cukup cepat.

“Saya tidak lama-lama mengantri pak,” bebernya.

Terpisah, berkaitan adanya vaksinasi di Pasar itu, Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya, Letkol Arm Kusdi Yuli Suhanda menuturkan jika pelaksanaan vaksinasi itu, akan terus digelar.

Menurutnya, upaya tersebut merupakan suatu bentuk komitmen pihak Kodam V/Brawijaya dalam rangka mendukung program herd immunity yang saat ini tengah digagas oleh Pemerintah Pusat.

“Tapi, meskipun sudah di vaksin masyarakat harus tetap patuh pada protokol kesehatan. Vaksinasi itu, untuk meningkatkan imun tubuh kita,” pintanya.