Danlanud Pattimura Pantau Langsung Seleksi Penerimaan Bintara PK Gelombang II

oleh -

sergap TKP – AMBON

Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo, M.Sc., M.Si (Han) selaku Ketua Panitia Daerah (Panda) serta Kadispers Lanud Pattimura Letkol Adm Yotam Djalima selaku Wakil Ketua Panda, memimpin langsung jalannya sidang Panitia Penentu Akhir (Pantukhir) tingkat daerah, penerimaan Bintara Prajurit Karir (PK) Gelombang II Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan di ruang Heritage Mako Lanud Pattimura. Jum’at, (19-11-2021).

Pada pelaksanaan sidang Panitia Penentu Akhir (Pantukhir) tingkat daerah, penerimaan Bintara Prajurit Karir (PK) Gelombang II Tahun Anggaran 2021 tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pendaftaran Bintara PK Gelombang II di Lanud Pattimura diikuti oleh 105 orang pendaftar dari berbagai daerah yang ada di Kepulauan Maluku dan sekitarnya. Dengan melalui berbagai tahapan tes meliputi tes administrasi hingga 2 tahap, tes kesehatan hingga 2 tahap, mental ideologi (tertulis dan wawancara), psikologi, skrining Pom, dan kesamaptaan jasmani.

Pada akhirnya, yang dinyatakan terpilih untuk ikut serta dalam sidang Pantukhir tingkat daerah sebanyak 11 calon siswa (casis) dan yang lulus untuk melanjutkan tes seleksi ditingkat pusat berjumlah 9 casis, yang dilaksanakan di Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah.

Pada sidang Pantukhir tingkat daerah ini, dilaksanakan secara transparan serta melewati berbagai tahapan pemeriksaan yang sangat ketat dan teliti. Meski sudah mencapai tahap akhir, masih dilakukan pemeriksaaan kembali berbagai item yang mensyaratkan seorang casis untuk dapat lulus ke tes pusat.

Danlanud Pattimura dan Kadispers Lanud Pattimura serta para Kepala Tim pemeriksaan casis lainnya dalam sidang Pantukhir tersebut, melihat kembali secara akumulatif keseluruhan hasil seleksi yang telah dilaksanakan, meliputi administrasi, kesehatan 1 dan 2, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, skrining pom dan psikologinya para calon yang telah lolos sampai tahap terakhir di tingkat daerah (Lanud Pattimura).

Sehingga casis yang lulus dari Lanud Pattimura Ambon benar-benar siap dan dinilai laik untuk diberangkatkan pada 23 November 2021 menuju seleksi tingkat pusat di Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah.

“Buatlah bangga orang tua kalian dan buatlah bangga Lanud Pattimura sebagai tempat kalian mendaftar tentara dengan lulus dilantik menjadi Sersan Dua,” pesan Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo, M.Sc., M.Si (Han) kepada seluruh casis. Jumat (19/11/2021).

Setelah seleksi penerimaan Bintara PK Gelombang II, Lanud Pattimura kembali membuka seleksi penerimaan Tamtama PK TNI AU Gelombang I TA. 2022 sejak 15 November s.d. 31 Desember 2021.