Ketua PHRI BPC Kabupaten Malang Ajak Semua Pihak Pulihkan Usaha Pariwisata

oleh -

sergap TKP – MALANG

Ketua PHRI Kab Malang periode 2020-2025 , Wahyu Indriyanti mengajak semua pihak untuk bahu-membahu memulihkan usaha pariwisata pasca Pandemik Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Wahyu Indriyanti, saat acara pelantikan Pengurus PHRI Badan Pimpinan Cabang (BPC) Kabupaten Malang Periode 2020-2025 yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Malang. pada Jumat (19/11/2020) malam.

Wahyu Indriyanti, yang juga jajaran pengurus Hotel Waringin Anom Inn, Lawang, Malang. Jajaran kepengurusan & keanggotaan terdiri dari jasa akomodasi/ hotel, jasa makanan dan minuman/restoran & lembaga pendidikan pariwisata di Kabupaten Malang itu, dilantik sebagai Ketua PHRI Kab Malang periode 2020-2025 bersama jajaran pengurusnya oleh Dwi Cahyono selaku Ketua PHRI Badan Pimpinan Daerah (BPD) Jawa Timur.

Pada sambutannya, Wahyu Indriyanti juga mengatakan bahwa sederet tugas telah menanti. Mulai tugas utama untuk mengawal tujuan PHRI yaitu menjadi rumah besar bagi badan usaha jasa akomodasi/hotel, jasa makanan dan minuman/restoran, lembaga pendidikan pariwisata, juga menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan nasional di bidang pariwisata. Lalu sederet tugas prioritas untuk bahu-membahu memulihkan usaha pariwisata pasca Pandemik Covid-19.

“Bagaimana agar PHRI harus segera bersiap menyambut tamu wisata Nusantara & mancanegara, agar tingkat keterisian kamar kembali penuh, agar Restoran & Jasa-jasa kuliner kembali total dalam memberikan jamuan menu-menu andalan Nusantara & mancanegara, dan agar kita kembali bergairah menggelar pesta, konser, festival.” kata Wahyu Indriyanti.

“Kita harapkan kesemua stakeholder baik unsur pemerintah maupun swasta dapat berkolaborasi, termasuk asosiasi organisasi pelaku usaha pariwisata lainnya berkolaborasi memulihkan semuanya.” imbuhnya.

Sementara itu, Wartoadi, selaku Penasehat Organisasi mengingatkan bahwa tantangan baru usaha pariwisata hari ini yaitu, penyesuaian layanan wisata dengan protokol kesehatan, yang tak hanya berbasis Sapta Pesona namun juga sesuai standar baru Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan & Kelestarian Lingkungan atau dikenal dengan Standar CHSE.

Selain itu tambahnya, layanan PHRI untuk masyarakat luas juga telah dapat dirasakan melalui pengurusan QRCODE PEDULILINDUNGI melalui portal phrionline.com/qrpedulilindungi.

“Portal yang dikelola oleh PHRI tersebut telah menjadi andalan pelaku usaha pariwisata untuk membuka layanan wisata karena terbukti cepat dalam menerbitkan QRCODE yang menjadi syarat operasional fasilitas publik di masa PPKM,” kata Wartoadi.

Pada kesempatan yang sama,  Yacub Eko Setiawan selaku Penasehat Organisasi menambahkan masih banyak PR di bidang pariwisata yang perlu diperhatikan.

“Melalui FLLAJ, PHRI turut memberikan masukan tentang kemudahan akses & keselamatan jalan. Ke depan PHRI terus mendorong agar jalan-jalan akses menuju usaha-usaha pariwisata baik di pusat kota maupun di pedesaan agar terus dibangun, dilengkapi dengan sarana keselamatan, perambuan dan fasilitas publik penunjangnya.” ujar Yacub.

Dalam urusan promosi, PHRI juga perlu mendorong usaha-usaha pariwisata yang ada di pantai, pedesaan, perbatasan kabupaten, pegunungan, dapat hadir di tengah-tengah kota, dapat dilihat oleh wisatawan di exit tol, di jalan-jalan raya utama akses antarkota.

“PHRI juga perlu terus mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia pariwisata agar Kabupaten Malang bisa bersaing dengan kota-kota lain, provinsi-provinsi lain, bahkan negara-negara lain agar Kabupaten Malang tetap menjadi tujuan favorit wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara.” tuturnya.

Hal yang sama, juga disampaikan Bayu Pramadya, Wakil Ketua I dari generasi Milenials mewakili Selorejo Hotel Resort & Sutami Resort yang dilantik Jumat malam (19/11/2021) mengajak pimpinan seluruh instansi pemerintah dan swasta khususnya di Kabupaten Malang agar memprioritaskan gelaran event ditempatkan di usaha-usaha pariwisata Kabupaten Malang.

“Anggota PHRI semua telah sepakat, akan berjuang menambah pendapatan daerah dan berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seraya Bayu mengingatkan tanggung jawab kita semua untuk merawat spirit “Kabupaten Malang adalah hatinya pariwisata Jawa Timur, Kabupaten Malang The Heart of East Java”. Kesemuanya tentu akan bekerja keras demi memajukan Kabupaten Malang.” bebernya.

Untuk diketahui, Pelantikan kepengurusan PHRI Kab Malang periode 2020-2025 ini bisa dilaksanakan setelah tertunda 20 bulan, yang setelah diagendakan di awal 2020, Pandemik Covid-19 pertama kali mewabah di Indonesia.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut HPI, ASITA, IPI, ASPPI, IHGM dan IHGMA.