Polrestabes Surabaya Resmikan RW 8 Putat Jaya Jadi Kampung Tangguh Bersih Narkoba

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Polrestabes Surabaya bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya meresmikan Rw 8 Putat Jaya menjadi Kampung Tangguh Bersih Narkotika.

“Kegiatan hari ini di Rw 8 Putat Jaya yaitu kegiatan seremonial peresmian Kampung Bersih Narkoba,” kata Kasat Binmas Polrestabes Surabaya AKBP Herlina, Rabu (3/11/2021).

Herlina mengungkapkan bahwa dari data yang dihimpun pihaknya sebelumnya, Rw 8 Putat Jaya diketahui kerap menjadi lokasi transaksi narkoba dan ada warganya yang terlibat dengan hal tersebut.

“Jadi kita menginisiasi bahwa sebelumnya di Rw 8 Putat Jaya ini, data di kami banyak terjadi transaksi narkoba, warganya ada yang jadi pengedar narkoba, dan pemakai,” jelas AKBP Herlina.

Untuk itu, perwira menengah Polri ini juga mengatakan bahwa pihaknya bersama BNNK Surabaya dan Koalisi Anti Narkoba setempat bekerja sama untuk menjadikan Rw 8 Putat Jaya ini bersih dari narkoba.

“Ini butuh sinergitas antara Kepolisian, BNN, maupun dengan masyarakat yang ada di sini untuk secara bersama-sama menjadikan Rw ini bersih dari narkoba,” ucapnya.

Selain meresmikan Kampung Tangguh Bersih Narkoba pihaknya juga memberikan bantuan sarana prasarana seperti peralatan olahraga dan juga ada mesin jahit.

“Itu bertujuan untuk misalkan saja anak-anak yang butuh olahraga disini belum ada fasilitas ataupun belum ada sarana prasarana kita bantu berikan itu,” jelasnya.

Untuk mesin jahit sendiri ditujukan untuk membantu peningkatan perekonomian keluarga yang anggota keluarganya ada yang menjadi pelaku atau korban penyalahgunaan narkotika.

“Misalkan saja ada keluarga yang saat ini anggota keluarganya menjadi pelaku, kemudian jadi warga binaan, otomatis perekonomian di keluarga sangat terganggu oleh karena itu kita berikan bantuan alat mesin jahit semoga bermanfaat bagi warga untuk meningkatkan perekonomian selanjutnya,” ucapnya.

Mantan Wakapolres Pasuruan Kota ini juga mengatakan bahwa program ini merupakan program jangka panjang dan tentunya akan berkelanjutan.

“Nanti berkelanjutan dari bhabinkamtibmas yang ada di wilayah atau kelurahan Putat Jaya ini akan mengevaluasi setiap kegiatan,” ujarnya.