K-9 Dikerahkan Untuk Optimalkan Pencarian Jenazah Erupsi Semeru

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Sebanyak sebelas ekor anjing pelacak Unit Satwa K-9 dikerahkan Mabes Polri dan Polda Jatim dalam operasi pencarian korban guguran awan panas Gunung Semeru.

Hal tersebut juga berdampak positif dengan ditemukannya 13 jenazah korban oleh belasan anjing terlatih tersebut. Temuan tersebut bersumber dari 25 titik bau yang berhasil diendus anjing pelacak.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan anjing unit satwa K-9 ini bakal tetap disiagakan selama operasi pencarian yang dikomandoi satgas pencarian korban bencana alam Gunung Semeru.

“Tentu ini komitmen kami sejak awal. Bahkan upaya pencarian korban juga termasuk oeprasi kemanusiaan aman nusa yang diperintahkan Kapolri. Kami akan menyiagakan unit satwa itu hingga berakhirnya operasi pencarian yang dikomandoi satgas,” katanya, Selasa (14/12).

Gatot menegaskan, pihaknya siap menambah unit satwa tersebut apabila dibutuhkan. “Kami selalu mengevaluasi semua progres kinerja dari hari ke hari, selama operasi pencarian. Kami akan siap jika memang dibutuhkan unit satwa tambahan dalam upaya perluasan medan pencarian korban,” ujar Gatot.