Polres Metro Jakarta Selatan Amankan 5 Pelaku Pencurian Dengan Modus Sebagai Petugas PLN

oleh -

sergap TKP – JAKARTA

Aparat Polres Metro Jakarta Selatan mengamankan sebanyak 5 (lima) orang komplotan pelaku pencurian yang beraksi di wilayah Jakarta Selatan.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Azis Andriansyah mengatakan, Saat melancarkan aksinya, modus para pelaku ini berpura-pura sebagai petugas PLN dan petugas Dinas Pertamanan.

“Para pelaku berhasil merampok perhiasan korban yang disimpan dalam brankas dengan nilai mencapai Rp1 miliar,” kata Kombes Pol Azis Andriansyah kepada wartawan saat ungkap kasus di Mapolres Metro Jakarta Selatan. Jumat (10/12/2021).

“Ada lima pelaku pencurian dengan pemberatan, Kaptennya itu berinisial WN. Sisanya HS, BG, AR, dan AA. Modusnya mereka mengaku sebagai petugas Dinas Pertamanan dan petugas PLN,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan, saat menjalankan aksinya para pelaku telah berbagi peran. WN selaku kapten mendatangi rumah korban dengan mengaku sebagai petugas PLN. Kemudian tersangka WN menyampaikan bahwa ada masalah kelistrikan dirumah tersebut.

Dengan alasan memperbaiki kelistrikan, Pelaku kemudian meminta para penghuni keluar dari dalam rumah.

“Di situ kawanan pelaku lainnya beraksi di rumah yang sudah kosong itu. Mereka ambil harta benda, properti berharga, termasuk brangkas. Begitu selesai, kawanan itu beritahu pelaku yang ada di luar rumah, lalu pergi,” terangnya.

Atas perbuatannya, para pelaku akan dikenakan dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Adapun ancaman hukuman berupa pidana penjara paling lama 7 tahun.