Resmikan Pasar Besar Ngawi, Presiden Jokowi Didampingi Forkopimda Jatim

oleh -
oleh

sergap TKP – NGAWI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Forkopimda Jawa Timur (Jatim) Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam Mayjen Nirvhahyanto, dan Kapolda Nico Afinita meresmikan Pasar Besar Ngawi, Jumat (17/12/2021).

Selain meresmikan pasar tersebut, Presiden juga menyerahkan bantuan langsung tunai, kepada Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT – PKLW). Hal ini merupakan upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN) di tengah pandemi Covid-19.

Pasar Besar Ngawi sendiri mulai direnovasi pada awal Desember 2020 dengan konsep Bangunan Gedung Hijau dan penataan modern oleh rekanan pelaksana PT PP Urban yang bersumber dari dana APBN 2020 Kementerian PUPR dengan waktu 12 bulan.

Proyek ini direncanakan rampung pada 15 Desember 2021 dengan alokasi dana sebesar Rp 73,4 miliar. Namun hal tersebut terdapat perubahan setelah rekanan mengajukan empat kali addendum kontrak kerja, hingga akhirnya nilai kontrak menjadi Rp 80,2 miliar dan diperpanjang hingga 31 Desember 2021.

Pembangunan Pasar Besar Ngawi telah sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) no 43 tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Revitalisasi Pasar Besar Ngawi ini diharapkan menjadi sarana pendorong percepatan pemulihan ekonomi lokal yang terdampak pandemi Covid-19.