Tanggap Darurat, Danlanal Denpasar Bantu Warga Evakuasi Pohon Tumbang

oleh -

sergap TKP – DENPASAR

Sejumlah wilayah di Indonesia diguyur cuaca ekstrem yang menyebabkan berbagai macam kerusakan. Peringatan dini sebetulnya telah dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) agar kita mewaspadai fenomena tersebut.

Dengan adanya intensitas curah hujan yang sangat tinggi di Indonesia khususnya di Pulau Bali banyak sekali daerah-daerah yang terdampak terutama banjir, tanah longsor dan pohon yang tumbang dikarenakan hujan deras dan angin kencang.

Setelah kota Denpasar diguyur hujan lebat dan angin kencang selama 3 hari terakhir ini pada hari Senin tanggal 6 Desember 2021 sekitar pukul 06.30 Wita bertempat di Jl. Raya Sesetan yang merupakan jalan poros di kota Denpasar Selatan terjadi pohon tumbang yang jatuh ke badan jalan sehingga menimpa atap bangunan yang mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas di Jalan Raya Sesetan Denpasar Selatan.

Mengetahui hal tersebut Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., bertindak cepat memerintahkan Perwira Staf Operasi (Pasops) Mayor Laut (P) untuk segera membantu masyarakat mengevakuasi pohon yang sangat besar tersebut karena mengganggu aktivitas warga.

Pangkalan TNI AL Denpasar, bergerak cepat dalam Siaga Penanggulangan Bencana (Gulben) dan mengirimkan prajurit Lanal Denpasar, untuk membantu evakuasi tersebut dengan berkoordinasi dengan Dinas Ligkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar untuk mengirimkan alat potong pohon dan sarana angkutan untuk mengangkut pohon yang tumbang dan menggerakkan unsur Pomal untuk membantu mengatur Lalin.