Tradisi Penyambutan Bintara dan Tamtama Remaja Baru Lantamal I Belawan

oleh -

sergap TKP – BELAWAN

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono mempimpin upacara penerimaan sekaligus tradisi penyambutan bintara dan tamtama remaja yang akan berdinas di Lantamal I serta Lanal dan KRI di jajarannya bertempat di Lapangan apel markas komando Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah Belawan.

Sebanyak 58 prajurit remaja tersebut terdiri dari 35 bintara remaja pria dan 2 wanita serta 21 tamtama remaja prajurit karier (PK) TNI Angkatan Laut Angkatan 40 Gelombang II tahun ajaran 2020. Upacara tradisi penerimaan Bintara dan Tamtama tersebut ditandai dengan penyiraman air bunga oleh Danlantamal I selaku Inspektur Upacara (Irup) yang diikuti oleh pejabat utama Lantamal I.

Komandan Lantamal menyampaikan bahwa tujuan dari acara tradisi penyambutan ini untuk membekali pengetahuan tentang satuan kepada prajurit baru serta sebagai suatu tradisi satuan bagi prajurit remaja yang memasuki satuan yang baru.

“Selain itu kegiatan ini juga untuk memberi rasa kebanggaan prajurit kepada satuannya, dengan mengenali lingkungan kerjanya sebagai langkah awal dalam penugasan yang diharapkan dapat mempererat dan semakin menumbuhkan jiwa korsa sebagai prajurit TNI Angkatan Laut.” ujar Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono. Selasa (21/12/2021).

Komandan Lantamal juga berpesan agar para Bintara dan Tamtama remaja TNI Angkatan Laut agar memegang teguh jati diri TNI sebagai prajurit pejuang, prajurit rakyat, dan prajurit profesional bertindak dengan selalu berpedoman dan menjunjung tinggi sapta marga, sumpah prajurit dan 8 wajib TNI, jangan sampai bertindak yang melanggar hukum serta dapat merugikan diri pribadi maupun satuan.