Dirsamapta Polda Kalteng Latih Personilnya Kesiap Siagaan Alarm Stelling

oleh -

sergap TKP – PALANGKA RAYA

Dengan moto Ditsamapta sebagai “Backbone” harus senantiasa siap siaga dan cepat tanggap dalam hal apapun. Dirsamapta Polda Kalteng Kombespol Cahyo Widiarso,S.H.,S.I.K.,M.H. melatih kesiap siagaan personelnya dalam Alarm Stelling yang dilaksanakan di Mako Sabhara Polda Kalteng, Kamis (06/01/2022).

Alarm Stelling atau Panggilan luar biasa dilakukan apabila mako dalam keadaan yang genting atau tidak baik baik saja, alarm dibunyikan dengan keras dan personel bergegas dan siap siaga menuju tempat atau lokasi yang telah ditentukan atau disepakati. Hal ini dimaksudkan untuk melatih kesiap siagaan dan kecepatan personel.

Siap siaga, kecepatan dan ketanggapan personel sangat diperlukan dalam penugasan sebagai anggota Sabhara. Hal tersebut dimaksudkan agar mencegah hal buruk terjadi atau hal buruk tersebut membesar. Seperti contohnya kebakaran, personel harus cepat tanggap dalam menangani kebakaran agar api kebakaran tidak menyebar atau merembes.

Maka dari itu, Dirsamapta Polda Kalteng Kombespol Cahyo Widiarso, S.H.,S.I.K.,M.H., mengadakan simulasi Alarm Stelling untuk melatih personelnya dalam hal kesiapsiagaan dan kecepatan personel. Personel pun juga dengan cepat dan sigap menuju lokasi yang telah ditentukan.

Simulasi alarm stelling beranggapan bahwa ada masyarakat yang datang dengan maksud ingin menemui pimpinan, namun masyarakat tersebut tidak kondusif. Segera pintu gerbang mako ditutup dan para negosiator memberi pengarahan den bernegosiasi dengan masyarakat.

Segera para pasukan berkumpul dilokasi yang telah ditentukan, kemudian Pimpinan segera diamankan dan menuju tempat yang aman oleh personel untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Pimpinan kemudian memberi arahan kepada personelnya .

“Simulasi ini bersifat dimamis atau dapat berkembang seiring waktu, maka dari itu perlu adanya simulasi atau latihan dalam hal alarm stelling. Selain untuk melatih kesiapsiagaan kita hal ini juga berguna untuk melatih kecepatan kita dalam penugasaan. Hal ini dimaksudkan agar kita selalu siap siaga dan dapat mencegah hal yang tidak diinginkan ” ujar Kombespol Cahyo Widiarso,