RS Bhayangkara Lumajang Terima Ronaldo Dari BNI

oleh -

sergap TKP – LUMAJANG

Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Lumajang menerima bantuan Ronaldo atau Robot Nangkal Covid Omicron dari Bank Negara Indonesia (BNI) yang berguna meminimalisir para perawat dan dokter kontak dengan pasien Covid-19 yang sedang isolasi.

Penyerahan mesin robot setinggi 1,5 meter yang dilengkapi empat rak secara bersusun dan mampu menampung barang dengan berat maksimal 50 kilogram tersebut dihadiri oleh Kabiddokkes Polda Jatim Kombes Pol Erwinn Zainul Hakim dan Kabid TIK Polda Jatim Kombes Pol Adewira Negara Siregar.

“Tentunya dengan adanya mesin robot ini fungsi dari penggunaan APD bisa dikurangi, seperti kebutuhan untuk memeriksa, memberikan obat, dan makan kepada pasiean sehingga meminimalisir tenaga kesehatan terpapar covid-19,” ujar Kabiddokkes.

Kombes Pol Erwinn menerangkan Ronaldo ini juga berkemampuan untuk berkomunikasi dengan pasien dan secara komunikatif dapat menerima keluhan dan kebutuhan pasien yang ada di ruangan.

“Diharapkan kedepan akan ada pengembangan fungsi dari robot ini sehingga lebih komplek dan dikembangkan di semua RS Bhayangkara di Jatim,” sambungnya.

Ronaldo sendiri sebenarnya sudah digagas sejak awal pandemi. Namun baru dapat terealisasikan setelah mendapat bantuan dana dari BNI dan dikerjakan atas bantuan Tim Politeknik ITS yang disesuaikan ide-ide RS Bhayangkara.