Kapolri Cek Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni

oleh -

sergap TKP – LAMPUNG

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau sekaligus mengecek kesiapan pengamanan arus balik Lebaran 2022 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Pada keterangannya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan, bahwa berbagai skema telah disiapkan untuk mengurai kepadatan arus balik lebaran.

Menurut Kapolri, jika melihat grafik arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni mulai dari dua hingga tiga hari ke belakang, mengalami peningkatan kapasitas penumpang.

“Dari 15.000 orang kemudian naik 16.000 dan naik lagi 31.000. Kemungkinan malam hari ini angkanya bisa naik 41.000.” kata Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Sabtu (7/5/2022).

Kapolri juga mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan, pihaknya sudah mendengar dan melihat bagaimana skema persiapan yang dilakukan rekan-rekan yang melakukan pengamanan di pelabuhan untuk menghadapi puncak arus balik.

Mulai dari mengatur rest area-rest area sebagai tempat menampung, manakala terjadi kepadatan di dermaga sampai dengan menambah jumlah dermaga di Bakauheni yaitu Dermaga Panjang dan BBJ serta juga jumlah Kapal.

“Saya kira dengan rekayasa yang baik ini, kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Merak kemarin bisa dihindari di Pelabuhan Bakauheni,” ujar Kapolri.