Libur Idul Fitri 1443 H, TNI AU Siagakan Helikopter SAR Khusus Arus Mudik dan Balik

oleh -

sergap TKP – JAKARTA

Mengantisipasi berbagai kemungkinan situasi buruk selama libur Idul Fitri 1443 H, TNI AU menyiagakan armada Helikopter untuk melaksanakan SAR khusus, termasuk pemantauan dari udara pada jalur mudik dan balik.

Beberapa Skadron Udara (Skadud) Helikopter yang disiagakan yaitu Skadud 6 (NAS-332 Super Puma), Lanud Atang Sendjaya, Bogor, Skadud 7 (EC-120 Colibri) Lanud Suryadarma Subang dan Skadud 8 (EC-725 Caracal) Lanud Atang Sendjaya Bogor. Sejak H-4 sampai dengan H+4, pesawat dan kru helikopter standby SAR di home base masing-masing.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos, menyebutkan, sejak H-4 hingga H+4 Idul Fitri 1443 H, TNI AU menyiagakan sejumlah Helikopter untuk kegiatan SAR khusus Idul Fitri.

Kadispenau menambahkan, untuk pantauan arus mudik dari udara, menggunakan helikopter Basarnas, yang diawaki oleh penerbang-penerbang TNI AU.

“Armada Helikopter TNI AU disiagakan di tiap-tiap Skadron Udara, yaitu di Bogor dan Subang. Mereka akan bergerak sesuai perintah pimpinan dan kondisi,” ujar Kadispenau. Sabtu (7/5/2022).