KPU Jatim Jadwalkan Agenda Penetapan dan Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Kepala Daerah Jawa Timur 2024

oleh -
oleh

SergapTKP – Surabaya

Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, jadwalkan agenda penetapan dan pengundian nomor urut tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur 2024.

Ketiga pasangan yang akan berkontestasi di pilkada Jatim, Yakni, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, Tri Rismaharini-Gus Hans dan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim.

Dalam hasil pendaftaran ketiga bakal calon dinyatakan Lolos administrasi. Selanjutnya dalam tahapan penetapan bakal calon akan dilaksanakan pada 22 September 2024 dalam Rapat Pleno Tertutup sesuai ketentuan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024. Rapat Pleno Tertutup Penetapan Pasangan Cagub-Cawagub berlangsung di Kantor KPU Jatim, Jalan Tenggilis Kota Surabaya pada pagi hari.

“Pada 23 September 2024 akan dilanjutkan pengundian nomor urut pasangan calon di Ballroom Hotel Mercure Darmo Surabaya, mulai jam 12 pagi,” Jelas Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Choirul Umam, pada Jum’at (20/09/2024).

Tak hanya itu, pengundian nomor urut nantinya akan digelar dalam Rapat Pleno Terbuka. Yang mengundang tiga pasangan calon berikut pendukung serta partai politik pengusung. Masing-masing kuota 150 orang.

Dalam pengundian nomor urut, wakil calon akan mengambil bola dengan nomor 1-14 dalam tabung fishball. Kemudian ditunjukkan kepada tamu undangan. Angka terkecil mendapat kesempatan pertama mengambil tiket undian nomor urut. Sementara Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) juga berlangsung pada hari yang sama. Bersamaan dengan proses dua tahapan itu, KPU Jatim juga menyelenggarakan Jambore Mahasiswa dan Deklarasi Kampanye Damai dalam waktu dekat.

Komisioner KPU Jatim Divisi Hukum, Habib M Rohan menambahkan, jambore melibatkan organisasi kemahasiswaan dan eksternal. Seperti PMIII, GMNI dan Cipayung. Konsolidasi dalam jambore bertujuan membentuk 1000 Satgas Demokrasi. Sementara Deklarasi Kampanye Damai bersama tiga Paslon yang telah mengantongi nomor urut. Acara berlangsung pada 24 September 2024 di Tugu Pahlawan Surabaya.

No More Posts Available.

No more pages to load.