Lawan Berita Hoax, Kapolda Jatim Gandeng PWI Jatim

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Bertempat di Lobby Gedung Tribrata Lt. 2 Mapolda Jatim, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta Karo Karo menerima audiensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Selasa (23/2/2021).

Dalam pertemuan tersebut Kapolda Jatim mengajak PWI Jatim untuk bersama melawan berita bohong alias Hoax di Jatim. Bahkan Kapolda menyebut jika perlu akan dibentuk badan yang diisi unsur Pemerintah, Kepolisian, Pakar hingga Asosiasi Cyber.

Disini PWI juga akan memiliki peran penting yakni menilai berita tersebut termasuk unsur Hoax atau bukan. “Berita hoax ini berbahaya jika dikonsumsi oleh publik, sehingga kami Polri bekerjasama dengan PWI Jatim, akan memerangi serta menangkal berita hoax yang ada di Jatim,” kata Irjen Nico Afinta, Selasa (23/2/2021) siang.

Sementara itu ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) wilayah Jatim, Ainur Rohim menyatakan bahwa pihaknya mendukung langkah Kapolda Jatim menangkal berita hoax di wilayah Jatim.

Selain itu pihaknya sendiri bakal melakukan upaya penangkalan berita Hoax melalui sosialisasi. Sosialisasi ini akan menyasar pada pelajar SMA untuk mengedukasi mereka terkait berita hoax.

“Kami sangat mendukung langkah Bapak Kapolda untuk menangkal berita hoax di Jatim. Selain itu, PWI sendiri berencana akan melakukan sosialisasi kepada pelajar SMA di Jatim agar mengerti serta memahami berita hoax,” tutupnya.