Ops Keselamatan Semeru 2021, Polda Jatim Terjunkan 3.300 Personil

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Polda Jatim bersama TNI dan stakeholder lainnya menggelar apel Operasi Keselamatan Semeru 2021 yang bakal berlangsung mulai tanggal 12 April sampai dua pekan kedepan.

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta Karo Karo menjelaskan operasi tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan kebijakan pemerintah terkait himbauan dan larangan mudik tahun ini.

“Tujuannya yang pertama memberikan sosialisasi terkait kebijakan pemerintah untuk larangan mudik. Nah yang kedua, kami akan melakukan beberapa penyekatan, kami sosialisasikan dari sekarang,” ujar Kapolda.

Diharapkan dengan adanya operasi ini masyarakat dapat mengerti dan melaksanakan program pemerintah. “Karena kita ketahui bersama, pasca liburan yang kita alami dari tahun kemarin yaitu natal dan tahun baru, kemudian mudik tahun kemarin juga, selesai liburan, angka Covid-19 naik,” bebernya.

Hal ini menimbulkan asumsi bahwa pergerakan manusia dalam waktu bersamaan akan memperbesar resiko penyebaran Covid-19.

“Sehingga kita lakukan kegiatan hari ini. Tentunya kami mohon dukungan masyarakat dan mohon memberitahukan sanak saudaranya supaya nanti lebaran tetap di rumah,” imbuhnya.

Untuk itu pihaknya bakal menerjunkan ribuan personil gabungan dari unsur TNI-Polri dan stakeholder lainnya. “Seluruhnya ada 3.300-an seluruh Jatim. Kami juga meminta bantuan dari TNI, TNI AD, AL dan AU yang ada di seluruh jajaran untuk bersama kami melaksanakan kegiatan ini,” jelasnya.

“Tentunya stakeholder terkait dari lalu lintas perhubungan, kesehatan dan ada juga beberapa ormas yang kita libatkan untuk menginformasikan kebijakan pemerintah ini,” tutupnya.