PJT I Perkuat Talenta dan Karakter SDM Melalui Millenials Go Dynamic 2021

oleh -

sergap TKP – MALANG

Menghadapi era disrupsi Perum Jasa Tirta (PJT) I sebagai BUMN yang mengelola sektor sumber daya air terus berupaya memperkuat talenta dan karakter SDM nya, khususnya dari kalangan milenial.

Hal ini ditunjukkan oleh PJT I melalui Millenials Go Dynamic (MGD) 2021 yang diikuti ratusan karyawan milenial BUMN secara hybrid (luring-daring) selama dua hari pada 28 sampai 29 Oktober 2021 di Bendungan Selorejo, Malang.

Kegiatan MGD 2021 ini dikatakan oleh Bastian, Direktur Keuangan, Pengelolaan Sumber Daya dan Manajemen Risiko PJT I ditujukan untuk membuka wawasan keilmuan para milenial PJT I bersama BUMN lain.

“Kegiatan ini menjadi sarana bagi para milenial BUMN untuk saling bertukar pikiran. Juga untuk meningkatkan relasi antar insan BUMN. Terutama sinergi dan kolaborasi BUMN,” ujar Bastian, Sabtu (30/10/2021).

Bahkan pihaknya mengungkapkan peningkatan kualitas SDM adalah prioritas. “Agar BUMN siap menghadapi era digitalisasi, khususnya bagi PJT I dalam memperkuat layanannya di bidang pengelolaan Sumber Daya Air (SDA),” sambungnya.

MGD 2021 sendiri juga terdiri dari berbagai sesi seperti webinar yang menghadirkan profesional muda BUMN seperti Investor and Industrial Manager PT ASDP Indonesian Ferry (Persero), Virgina Dharmasasmita.

Pada kesempatan ini, Virgina memaparkan tentang pentingnya mengembangkan karakter diri melalui pemahaman akan potensi dan perkuatan motivasi guna menghadapi VUCA (Volatility, Uncertainity, Complexity, Ambiguity).

Narasumber selajutnya adalah Vice President Corporate Secretary Strategic Planning, PT Industri Telekomunikasi Indonesia Rizqy Ayunda Pratama yang memaparkan terkait percepatan performa kerja melalui digital savy dan agility.

“Internet of Thing menjadi sebuah hal penting karena dapat mengubah perangkat menjadi sesuatu yang berharga. Termasuk untuk monitoring, analisis, serta hal-hal krusial lainnya,” jelasnya.

Era disrupsi ini memaksa milenial untuk memiliki kemampuan khususnya untuk memahami perkembangan teknologi informasi yang tengah berkembang agar dapat menghasilkan inovasi serta kreatif.

Selain itu para milenial BUMN juga diajak mengenal bendungan beserta instrumennya melalui kegiatan susur bendungan dan mereka juga diberi kesempatan untuk berpartisipasi aksi penyelamatan lingkungan melalui adopsi bibit.

Kegiatan ini juga dihadiri Direktur Operasional PJT I, Gok Ari Joso Simamora dan Manajer Utama Sumber Daya Korporat  Ganindra Adi Cahyono selaku pembina milenial.

Untuk peserta milenial BUMN ini dari PJT I, PT Danareksa (Persero), PJT II, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BRI, Bank BNI, PT SIER, PT PLN (Persero) dan PT Petrokimia Gresik.