Vaksinasi Istimewa, Sidoarjo Kejar Target 60 Pesen Vaksinasi Lansia

oleh -

sergap TKP – SIDOARJO

Pemerintah bersama TNI-Polri terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi untuk mempercepat terbentuknya herd immunity. Salah satu golongan masyarakat yang tergolong cukup rentan immunitasnya adalah kaum lanjut usia (lansia) yang perlu mendapat perhatian khusus.

Hal itu juga dilakukan Pemerintah bersama TNI-Polri di Kabupaten Sidoarjo yang mendorong akslerasi vaksinasi bagi lansia melalui program Vaksinasi Istimewa. Hal ini juga sekaligus menjadi upayaKabupaten Sidoarjo untuk mencapai target 60 persen vaksinasi bagi lansia yang saat ini baru mencapai 47 persen dan kurang 13 persen lagi.

Program Vaksinasi Istimewa yang digelar di Rumah Joglo, Desa Jedongcangkring, Prambon, Sidoarjo dan diikuti 500 lansia yang divaksin bersama dengan 500 orang disabilitas, pelajar dan masyarakat umum yang hadir disana.

Giat ini sendiri juga turut dihadiri oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Mudlor Ali, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo drg. Syaf Satriawarman, dan Forkopimka Prambon.

Pada kesempatan tersebut, Forkopimda Sidoarjo juga melakukan pembagian bansos, serta vaksinasi door to door ke rumah warga lansia yang tidak mampu dibawa ke lokasi vaksinasi. Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali sendiri mengaku mengapresiasi antusiasme lansia untuk divaksin.

“Saat ini capaian vaksinasi dosis pertama wilayah kita sudah mencapai 70,33 persen. Sementara vaksinasi bagi lansia masih kurang sekitar 13 persen untuk mencapai target 60 persen vaksinasi dosis pertama bagi lansia,” sambung Ahmad Muhdlor Ali.

Pria 30 tahun ini mengaku optimis target vaksinasi bagi lansia dapat tercapai dalam waktu seminggu dengan akselerasi vaksinasi menyasar ke pelosok desa. “Seperti hari ini kita lakukan vaksinasi bagi lansia dan disabilitas di Desa Jedongcangkring, Prambon,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan, pihaknya akan menyiapkan kendaraan vaksinasi keliling yang akan dimotori Bhabinkamtibmas, Babinsa dan bidan desa untuk melakukan vaksinasi ke desa-desa.

“Kita masifkan sinergitas bhabinkamtibmas, babinsa dan bidan desa untuk mendukung percepatan vaksinasi di desa, khususnya bagi para lansia. Termasuk nanti akan disedikan kendaraan vaksinasi keliling, sehingga masyarakat di desa akan mudah terlayani mendapatkan vaksinasi,” ujar Kapolresta.