Dispenser Masker, Inovasi Baru dari Polresta Malang Kota

oleh -

sergap TKP – MALANG

Polresta Malang Kota meluncurkan inovasi terbarunya untuk memudahkan masyarakat dibidang pelayanan publik. Inovasi tersebut berupa dispenser masker dan hand sanitizer dalam rangka menegakkan protokol kesehatan  sekaligus memerangi Covid-19 di wilayah Kota Malang.

Hal ini menjadi lanjutan dari inovasi Polresta Malang Kota yang sudah ada sebelumnya seperti gerai vaksinasi massal, Satgas Trauma Healing Polresta Malang Kota, vaksinasi drive thru dan door to door dan inovasi lainnya.

“Ini salah satu implementasi perintah bapak Kapolda Jatim yang kami laksanakan yaitu Polri secara konsisten akan terus mendukung pemerintah dalam upaya penanganan Covid -19,” ujar Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, Kamis (14/10/2021).

Inovasi ini sendiri juga merupakan hasil kerjasama antara Polresta Malang Kota dan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB). “Tujuan kami agar bisa mengoptimalkan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid -19 ini,” jelas polisi yang akrab disapa Buher ini.

Dispenser ini sendiri mengusung teknologi no touch atau tanpa sentuhan yang berpotensi menyebarkan virus. Sehingga dispenser ini dapat diakses masyarakat hanya dengan menghadapkan tangan ke tombol dispenser dan selanjutnya sensor akan mengenali dan mengeluarkan masker dengan sendirinya.

“Begitu juga dengan hand sanitizer, masyarakat bisa menggunakan hand sanitizer tanpa memencet tombol dispensernya,” sambung Buher.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Hadi Suyono menyambut baik inovasi yang digagas Buher ini. “Pada prinsipnya kami sangat welcome sekali dengan inovasi berbasis teknologi kompetensi yang berkaitan dengan engineering. Apalagi ide ini matching antara keperluan masyarakat dengan ilmu teknologi di perguruan tinggi,” kata Hadi Suyono.

Dispenser masker ini  akan ditempatkan di 3 titik Kota Malang yakni di depan Taman Krida Budaya Jl. Suhat, depan Pos Polisi Samapta Alun-Alun, dan di pelayanan publik Mako Polresta Malang kota.