KRI Sutedi Senoputra-378 Laksanakan Pelayaran Dalam Rangka Operasi Trisila-23

oleh -
oleh

sergap TKP – JAKARTA

KRI Sutedi Senoputra-378 melaksanakan pelayaran dalam rangka Operasi Trisila-23, Operasi Trisila merupakan operasi dibawah Kendali Operasi Pangkoarmada RI yang mengutamakan sinergitas potensi SSAT baik KRI, Pesud, Marinir dan Pangkalan TNI AL. Jumat, 2 Mei 2023.

Dalam Operasi Trisila-23 Etape V ini dilaksanakan di daerah Operasi meliputi Laut Jawa dan Perairan Teluk Jakarta. Unsur KRI yang terlibat yaitu KRI Sutedi Senoputra-378, KRI Siwar-646, KRI Calang – 524 dan KRI Teluk Sabang-544.

Bertujuan untuk menegakkan hukum dan menjaga keamanan laut di perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi nasional, dalam rangka menimbulkan deterrence effect terhadap lawan sehingga dilaksanakan patroli laut guna meminimalisir pihak-pihak yang berusaha mengganggu integritas NKRI dengan melakukan pelanggaran di wilayah perairan Indonesia.

Dalam etape V ini selain melaksanakan patroli keamanan laut, juga dilaksanakan beberapa kegiatan latihan seperti Latihan Melewati Medan Ranjau, Latihan Manuver Taktis, Latihan Flaghoist dan Flashex.

Dansatkor Koarmada I, Kolonel Laut (P) Awang Bawono, selaku Komandan Satgas Operasi Trisila-23 on board di KRI Sutedi Senoputra-378 sebagai Kapal Markas menyampaikan agar seluruh prajurit senantiasa menjaga profesionalisme dalam melaksanakan tugas dengan berlatih secara rutin, bertingkat dan berlanjut serta mengutamakan zero accident.

Hal tersebut sesuai dengan perintah Pangkoarmada I, Laksda TNI Erwin S. Aldedharma, yang sejalan dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali, yaitu meningkatkan kesiapan operasional baik alutsista maupun satuan operasi diikuti peningkatan kemampuan menjawab panggilan tugas yang saat ini berkembang dinamis.

No More Posts Available.

No more pages to load.