Mutasi Besar di Polda Jatim, Kombes Pol Pasma Royce Jabat Wakapolda Jatim

oleh -
oleh

sergap TKP – SURABAYA

Gerbong mutasi terjadi dilingkungan Polda Jatim, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce, saat ini resmi menduduki jabatan baru sebagai Wakapolda Jawa Timur. Senin (23/09/2024).

Mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/2098/IX/KEP/2024 yang diterbitkan pada 20 September 2024.

Kombes Pol Pasma menggantikan Brigjen Pol Akhmad Yusep Gunawan yang dipindah ke jabatan baru sebagai Karokermaluhkum Divkum Polri.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengatakan, Proses mutasi ini adalah bagian dari penyegaran organisasi di tubuh Polri yang selalu rutin dilakukan.

Mutasi pejabat utama dan Kapolres ini merupakan hal biasa sebagai bentuk rotasi, promosi, serta pengembangan karier.

“Ini bagian dari tour of area dan tour of duty, untuk meningkatkan profesionalisme kepolisian,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto.

Posisi jabatan Kapolrestabes Surabaya yang ditinggalkan Kombes Pasma Royce selanjutnya akan digantikan oleh Kombes Pol Lutfhie Sulistiawan, yang sebelumnya menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Jatim.

Kombes Pol. Lutfhie dikenal memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang reserse dan kriminal khusus, serta prestasi dalam penanganan kasus-kasus besar di Jawa Timur.

Sementara itu, posisi Dirreskrimsus Polda Jatim yang ditinggalkan oleh Kombes Lutfhie akan diisi oleh Kombes Pol Budi Hermanto.

Kombes Pol Budi Hermanto sebelumnya menjabat sebagai Kapolresta Malang Kota.

Namanya cukup dikenal publik saat ia berhasil mengungkap beberapa kasus kriminal besar di Kota Malang, termasuk pengungkapan kasus perdagangan manusia yang melibatkan jaringan internasional.

Jabatan Kapolresta Malang Kota yang kini kosong akan diisi oleh Kombes Pol Nanang Haryono, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolresta Banyuwangi.

Kombes Pol Nanang selama ini dikenal sebagai sosok pemimpin yang dekat dengan masyarakat, terutama dalam berbagai program kepolisian berbasis komunitas yang dijalankannya di Banyuwangi.

Pergantian di jajaran Polda Jatim ini juga melibatkan Kombes Pol Rama Samtama Putra yang akan menggantikan posisi Kombes Pol Nanang sebagai Kapolresta Banyuwangi.

Kombes Pol Rama sebelumnya menjabat sebagai Kabidpropam Polda Sulawesi Tengah. Namanya sering kali muncul dalam berita terkait penegakan disiplin internal di kalangan anggota kepolisian.

Tak hanya itu, mutasi ini juga mengangkat Kombes Pol R Bagoes Wibisono Handoyo Koesoemah sebagai Dirresiber Polda Jatim.

Kombes Pol Bagoes sebelumnya menjabat sebagai Pengawas Penyidikan Kepolisian Madya Tingkat III Bareskrim Polri.

Mutasi ini dinilai strategis mengingat pentingnya peran reskrim siber dalam menangani kejahatan digital yang semakin marak.

Selain itu, Wadirresnarkoba Polda Jatim, AKBP Moh Nurhidayat, turut mengalami rotasi. Ia dipindah ke jabatan baru sebagai Tim Analis Bidpdakt Pusiknas Bareskrim Polri.

Perpindahan ini dinilai sebagai bentuk apresiasi atas kinerjanya yang baik dalam menangani kasus narkoba di wilayah Jawa Timur.

Kombes Pol Dirmanto juga menambahkan bahwa, mutasi ini bukan sekadar pergantian jabatan, tetapi juga kesempatan untuk meningkatkan kapasitas organisasi.

“Mutasi ini adalah bentuk dari regenerasi di kepolisian, memberikan ruang bagi perwira lain untuk berkembang dan membawa semangat baru di lingkungan kerja yang baru,” terang Kombes Pol Dirmanto.

Dengan mutasi ini, diharapkan kinerja kepolisian, khususnya di Polda Jatim, semakin optimal dalam menjalankan tugas-tugasnya menjaga ketertiban, keamanan, dan melayani masyarakat.

No More Posts Available.

No more pages to load.