Tekan Penyebaran Covid-19, Forkopimda Pindahkan Isoman Menuju Isoter

oleh -
  1. sergap TKP – LUMAJANG

Forkopimda Kabupaten Lumajang berencana memindahkan pasien isoman menuju isoter sehingga ada pengawasan yang lebih intensif dari perawat yang menjaga pasien yang positif.

Pada kesempatan tersebut hadir Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno dan Dandim 0821 Letkol Inf Andi. A Wibowo.

Wabup Lumajang Indah Amperawati menyebut hal ini perlu dilakukan sebab menurutnya penanganan isoter berbeda dengan penanganan isoman dan terdapat dibeberapa titik.

“Tentu penanganan ini sangat berbeda dengan isolasi mandiri, paling tidak fokus tenaga medis lebih baik, dalam memantau dan mengawasi pasien yang berada dalam satu rumah atau satu gedung dalam isolasi terpusat,” ujarnya.

Sementara, Dandim Lumajang Letkol Inf Andi hal ini bakal dilakukan secara serentak dalam rangka menekan seminimaI mungkin kasus positif. “Memperkecil penyebaran virus corona ini wujud dari upaya yang harus kita dukung bersama 4 pilar sehingga apa yang menjadi tujuan tercapai,” tuturnya.

Hal ini pastinya bakal cukup berat mengingat sebagian besar masyarakat saat ini sudah cukup nyaman dengan isolasi mandiri. “Karena masyarakat berfikir dirumah saya lebih nyaman kalau melakukan isoman dirumah karena ada kasur dan AC,” sampainya.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengatakan Isoter ini diharapkan dapat menurunkan kasus Covid-19 secara signifikan dan diprioritaskan bagi warga yang tidak mampu, miskin dan rumahnya tidak layak huni.

“Untuk itu warga yang kurang mampu yang positif Corona yang melakukan isoman, itu wajib dipindahkan ke isoter yang sudah di siapkan di Desa atau kecamatan,” ujarnya.