Jaga Masyarakat Agar Taat Proskes, Polrestabes Surabaya Terus Melakukan Edukasi Dan Pengawasan Prokes

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Untuk tetap menjaga masyarakat agar taat protokol kesehatan (Prokes), Polrestabes Surabaya terus melakukan kegiatan edukasi dan pengawasan protokol kesehatan kepada masyarakat dengan menurunkan mobil masker keliling.

“Ya kita laksanakan malam ini, sesuai dengan arahan pimpinan. Kita ada dua unit yang satu ada di Taman Mundu kebetulan yang satu unit di pasar Wonokromo.” kata Iptu Irwansyah Putra, Kasubnit Turjawali Polrestabes Surabaya. Sabtu malam (4/9/2021).

Iptu Irwansyah Putra, juga menjelaskan selain membagikan masker, pihaknya juga melakukan edukasi dan pengawasan protokol kesehatan.

“Kita sambil melaksanakan edukasi dan pengawasan protokol kesehatan yang ada di pasar Wonokromo,” ujar Iptu Irwansyah Putra.

Saat ini, kata Iptu Irwansyah Putra, kita memang sudah berada di level 2. Otomatis ada kebijakan, keringanan yang dilaksanakan pemerintah, Makanya kita tetap mengawasi tempat-tempat keramaian .

“Apabila ada yang tidak memakai masker, ataupun masker yang kotor, ya itu akan kita laksanakan pembagiansehingga masyarakat paham, bahwasanya kita sama-sama membantu pemerintah dan masyarakat untuk memerangi COVID-19 yang saat ini sedang terjadi,” tutur Iptu Irwansyah Putra.

“Saat ini sudah kita bagi masker sekitar 200 masker kita bagi, kemungkinan besok akan kita laksanakan. Yang pertama di Taman Bungkul kemudian yang kedua di Makorem dan nanti yang terakhir kita laksanakan di pasar Wonokromo.” imbuhnya.

Sementara itu, Ketika ditanya rekan wartawan mengapa malam ini pihaknya memilih pasar Wonokromo, Iptu Irwansyah Putra mengatakan bahwa karena didaerah tersebut dilakukan pasar malam selain pasar Makorem dan Taman Mundu.

“Karena yang disini yang dianggap sebagai pasar malam yang dilakukan masyarakat selain pasar Makorem, adanya disini kemudian tempat-tempat keramaian seperti di Taman Mundu karena sudah ada unit (Mobil Masker Keliling) yang kita luncurkan juga, Jadi kita keliling jika ada pasar-pasar malam yang buka itu nanti kita laksanakan pemantauan untuk pembagian masker,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan telah melakukan program inovasi baru untuk tanggulangi COVID-19 dengan meluncurkan mobil masker keliling.

Dua unit mobil masker keliling yang dilengkapi ribuan masker yang akan dibagikan secara gratis tersebut, diluncurkan untuk tetap menjaga masyarakat taat protokol kesehatan.

“Mobil masker keliling ini akan diawaki oleh sejumlah anggota dari Polrestabes Surabaya yang bertugas membagikan masker kepada masyarakat. Terutama di sentra-sentra layanan publik khususnya, baik pasar malam, maupun di lingkungan PKL,” kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan, pada hari Jumat (3/9/2021) lalu.

Kombes Akhmad Yusep Gunawan juga mengatakan, mobilitas kendaraan ini berjalan beriringan dengan mobil gerai vaksin keliling.

“Fungsi kedua kendaraan itu untuk mengingatkan masyarakat menjaga protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi.” ujarnya.