Monumen Pesawat Dacota DC 3 Di Apron Lama Dipindahkan Ke Mess Waang

oleh -

sergap TKP – PURBALINGGA

Monumen pesawat Dacota DC 3 dengan nomor registrasi T-463 yang berada di Lanud J.B. Soedirman dipindahkan lokasinya, yang semula di berada di apron lama atau arah utara runway sekarang berpindah kesamping Mess Waang, dekat lapangan Garuda Manunggal Lanud J.B. Soedirman, Purbalingga, Senin (27/9/2021).

Komandan Lanud J.B. Soedirman Letkol Nav Marino Adam Darmawan, S.T.,M.M mengatakan bahwa relokasi pesawat Dacota yang sudah ada di Lanud J.B. Soedirman sejak tahun 1980 tersebut adalah untuk pemenuhan persyaratan operasional penerbangan.

“Dengan pemindahan ini tidak ada obstacle yang menggangu saat take off dan landing pesawat, baik militer dan sipil,” ujar Letkol Nav Marino Adam Darmawan, S.T.,M.M.

Pemindahan monumen pesawat Dacota yang memerlukan waktu seminggu ini dilaksanakan oleh tim Bantuan Pemeliharaan Lapangan (Banharlap) Skadron Teknik 043 Lanud Adisutjipto Yogyakarta yang dipimpin Kapten Tek Bambang yang diawali dengan doa bersama terlebih dahulu di Mushola At Taqwa bersama-sama dengan personel Lanud J.B. Soedirman.

Pemindahan monumen pesawat Dacota dilaksanakan dengan tetap mengutamakan safety, dan selama pelaksanaan relokasi pesawat berjalan dengan aman dan lancar.