Dikunjungi Bintara Mahasiswa Poltekad, Pangdam V/Brawijaya Sampaikan Pesan

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Kodam V/Brawijaya, kali ini menjadi salah satu tujuan yang dijadikan lokasi kunjungan oleh para Bintara Mahasiswa (Bamasis) D4
Angkatan III Poltekad, Kodiklat TNI-AD dalam rangka pengarahan studi Ekskursi.

Kunjungan para Bamasis itu, mendapat respon hangat dari Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto. Kedatangan mereka pun, disambut di Lapangan Ahmad Yani, Makodam V/Brawijaya, Surabaya pada Selasa, 02 Nopember 2021.

Beberapa wejangan, diberikan langsung oleh Pangdam terhadap 47 Bamasis tersebut, salah satunya kewaspadaan menghadapi era revolusi industry 4.0.

Suharyanto menjelaskan, terjadi berbagai perubaha perspektif ancaman maupun tantangan pada era tersebut, salah satunya ialah perang siber, hingga network centric warfare.

“Untuk menghadapi ancaman itu, maka diperlukan sistem pertahanan yang kuat, meliputi transformasi personel, alutsista pertahanan, transformasi teknologi militer, hingga modernisasi alutsista,” ujar Pangdam.

Selain membahas soal revolusi industri, Suharyanto juga membahas soal pengoptimalan waktu bagi para Bamasis, terutama menyangkut waktu untuk lebih meningkatkan kemampuan, hingga kedisiplinan.

“Terutama memelihara moril dan semangat pengabdian pada Satuan, TNI dan bangsa,” pintanya.

Perlu diketahui, Politeknik Angkatan Darat atau Poltekad memiliki peranan penting dalam mendukung tugas di Satuan TNI-AD, terlebih dalam mencetak SDM berbasis teknologi.

Tak hanya itu, selama kunjungan kerja yang dilakukan oleh para Bamasis itu berjalan, Pangdam juga memberlakukan adanya peraturan protokol kesehatan. Bukan tanpa sebab, peraturan itu diberlakukan sebagai bentuk memutus rantai penyebaran pandemi.