Polda Jatim Beri Bantuan Psikososial Untuk Anak-anak Terdampak Covid-19

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Puluhan anak yatim piatu terdampak Covid-19 dan penyandang disabilitas di wilayah Malang Raya mendapat bantuan psikososial dari Polda Jawa Timur di Universitas Brawijaya, Malang. Selasa (2/11/2021).

70 anak tersebut diantaranya, 24 anak, 34 remaja dan 12 disabilitas, mendapatkan pendampingan dari tim psikologi dari Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jatim.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Peduli Anak Indonesia Tangguh’. Ini juga dihadiri Ketua Bhayangkari Jatim, Ully Nico Afinita, pejabat utama Polda Jatim dan Forkopimda Malang

Pada kesempatan tersebut Kapolda Jatim dan Ketua Bhayangkari juga memberikan bingkisan berupa sembako kepada para anak yatim piatu terdampak Covid-19 dan penyandang disabilitas.

Giat ini sendiri ditujukan untuk memberikan kekuatan mental untuk anak-anak. Hal ini dilakukan agar mereka tidak kehilangan minat untuk beraktivitas dan mengurangi kesdihan agar tidak berlarut-larut.

“Tujuan daripada acara ini adalah, kami baik dari unsur pemerintahan, TNI, Polri, maupun dari lembaga pendidikan, serta seluruh masyarakat. Kita diharapkan untuk memperhatikan anak-anak yang terdampak Covid-19, dimana orang tuanya antara lain bapak atau ibu, atau keduanya yang meninggal, itu bisa kita saling berbagi,” kata Kapolda.

Untuk ini pihaknya juga bekerja sama dengan BPJS agar setiap anak itu mendapatkan kartu BPJS sehingga dia bisa berobat di rumah sakit mana saja di Wilayah Jawa Timur khususnya di seluruh rumah sakit Bhayangkara.

“Ini tidak bisa berjalan tanpa ada dukungan dari unsur pendidikan. Saya yakin dengan pendidikan yang baik untuk anak-anak yang terdampak psikososial ini, mereka tetap akan mempunyai semangat untuk maju dan berdiri sendiri. Mudah-mudahan keadaan makin membaik, kita tetap melaksanakan protokol kesehatan dan ekonomi bisa berjalan,” tutup Nico Afinita.