Kapolda Jatim Launching INCAR dan SKRIP

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta Karo Karo melaunching inovasi Polda Jatim yaitu 12 unit kendaraan INCAR (integrated node capture attitude record) dan SKRIP (skrining riwayat pengemudi), Senin (15/11/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Taman Bungkul, Surabaya ini merupakan inovasi Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim terkait penertiban berkendara di jalan raya.

Kapolda menjelaskan INCAR merupakan kendaraan tilang menyerupai electronic traffic law enforcement (ETLE) yang ditempatkan di sejumlah titik di wilayah Jatim dan bertugas untuk menindak kendaraan yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Kendaraan ini dilengkapi kamera super canggih yang dapat menghitung laju kecepatan berkendara dan menangkap gambar kendaraan yang diketahui melanggar rambu atau aturan lalu lintas.

“INCAR ini dapat merekam secara real time terkait kepatuhan tata tertib lalu lintas yang terkoneksi data regident (registrasi dan investigasi). Kalau melanggar maka akan kami kirim surat ke alamat yang ada sesuai data di regident dan data dukcapil. Kita akan kirim surat tilang melalui Kantor POS,” ujar Kapolda.

Irjen Nico menambahkan inovasi INCAR dan SKRIP ini sesuai dengan arahan Kapolri terkait pergeseran penindakan secara langsung ke penindakan digital.

“Ini sesuai instruksi Kapolri bahwa anggota polisi tidak bersentuhan langsung tapi ada pendidikan masyarakat lewat aplikasi,” tutup Nico.