Jelang Pilkada Serentak, Bid TI Polda Jatim Siapkan Akses Komunikasi Antar Jajaran

oleh -

sergap TKP – SURABAYA

Jelang gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Jawa Timur yang terdiri dari satu Pilgub dan 18 Pilkada Kabupaten/Kota. Bidang Teknologi Informasi (Bid TI) Polda Jatim menyiapkan jaringan komunikasi antara Polres dan Polsek Jajaran.

Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Kabid TI Polda Jatim, Kombes Pol Digit Dedy Purwadi yang mengatkan bahwa pihaknya akan mendukung dan membantu memastikan jaringan komunikasi yang digunakan Polda Jatim dan Jajaran bisa berjalan lancar.

“Jaringan komunikasi ini bisa dilakukan antar Polda dengan Polres, atau Polres dengan Polsek dan sebaliknya. Dengan adanya Command Center yang dimiliki Polda Jatim, komunikasi antar Polres jajaran Polda Jatim berjalan dengan baik. Bahkan penyebaran Command Center sudah sampai pada Polres jajaran Polda Jatim,” ujar Kabid TI, Selasa (23/1/2018).

Dengan hal ini para anggota yang bertugas dilapangan bisa secara langsung melakukan video conference berupa live report yang terhubung dengan Command Center Polda Jatim guna memberitahukan situasi keamanan pada proses maupun tahapan Pilkada serentak di Jatim.

Untuk itu pihaknya telah menyiapkan sejumlah perawatan yang bisa digunakan untuk memantau langsung kejadian yang ada di lokasi dengan memanfaatkan fungsi kontrol dari Command Center. “Tujuannya nanti supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga pelaksanaan pentahapan Pilkada berjalan dengan lancar, aman dan baik,” jelasnya.

Selain itu disisi keamanan, pihaknya tidak hanya bertanggungjawab untuk mengamankan momen-momen Pilkada saja. Tetapi juga dapat membantu masyarakat melaporkan setiap kejadian atau tindak kriminalitas kapan pun dan dimana pun. Sehingga keberadaan Command Center sendiri bisa menjadi bukti pelayanan Polri terhadap masyarakat.

“Pelayanan Polri tersebut bertujuan untuk memastikan kecepatan respon laporan masyarakat yang kita lihat. Serta memberitahukan bahwa harus segera ditangani. Polda Jatim bisa memantau itu melalui Command Center,” tutup Perwira dengan tiga melati dipundaknya tersebut.